Pengertian Guru dan Karakteristik Guru

  • Whatsapp
Pengertian Guru dan Karakteristik Guru
Pengertian Guru dan Karakteristik Guru

Bagi seseorang yang mengenyam Pendidikan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya guru. Sebuah sekolah tidak akan berjalan jika tidak terdapat guru. Karena hal utama yang menjadi pondasi Pendidikan adalah seorang guru. Guru akan mengajarkan segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Itulah mengapa guru menjadi pondasi utama di dalam sebuah sekolah.

Banyak sekali istilah istilah yang di ibaratkan seorang guru. Cara dari seorang guru yang mengajar akan memengaruhi tingkah ataupun sifat murid-muridnya. Seorang guru dikatakan berhasil mengajar jika murid yang diajarinya paham dengan materi yang ia sampaikan. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika hanya beberapa murid saja yang mengerti dengan penjelasan guru tersebut.

Pengertian Guru

Guru adalah seorang pendidik ataupun orang yang mengajar  pada dunia Pendidikan baik itu pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, ataupun sekolah menengah atas. Jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas guru adalah siapapun yang mengajarkan sesuatu hal yang baru dan sesuatu yang baik. Akan tetapi untuk menjadi seorang guru diharuskan memiliki suatu kemampuan.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

  1. Menurut Ahmadi

Guru adalah seseorang yang berperan penting untuk membimbing ketika dalam kegiatan belajar dan mengajar.  Selain itu seorang guru juga diharuskan menghidupkan suasana ketika belajar agar semangat para siswanya dapat bangkit ataupun tumbuh. Karena hal ini akan membuat siswa lebih mengetahui potensi dari dalam diri mereka masing-masing

  1. Menurut Mulyasa

Guru adalah seorang yang sudah mempunyai standar kompetensi dalam pembelajaran dan juga memiliki kualifikasi dalam bidang akademik. Jasmani dan rohani seorang guru juga harus terbilang sehat. Untuk menjadi seorang guru maka harus memiliki kemampuan dan kemauan yang besar  untuk mewujudkan Pendidikan secara nasional.

  1. Menurut Dri Atmaka

Guru adalah seseorang yang sudah terbilang dewasa dan tugasnya yaitu untuk memberikan bantuan kepada setiap siswa dalam perkembangan jasmani dan rohaninya. Untuk mewujudkan hal ini guru juga harus bisa menopan diri mereka sendiri. Anak didik sendiri memiliki tugas untuk melaksanakan perintah tuhannya serta melaksanakan tugas sebagai makhluk social.

  1. Menurut Husnul Chotimah

Guru adalah seseorang yang mampu memberikan ilmu pengetahuan dan fasilitas kepada siswa. Ilmu pengetahuan ini didapatkan lahgsung dari sumber pengetahuan.

  1. Menurut Noor Jamaludin

Guru adalah orang yang mendidik yang sudah dewasa dan memiliki rasa tanggung jawab untuk memberikan bimbingan. Bentuk dari bimbingan ini berupa pengembangan jiwa dan tubuh agar menjadi lebih matang. Guru juga dituntut untuk bisa berdiri sendiri dan bisa melaksanakan tugas sebagai khalifah.

Karakteristik yanh Harus Dimiliki Seorang Guru

  1. Untuk masyarakat disekitarnya guru diharuskan mempunyai signifikasi social dan fungsi
  2. Seorang guru juga harus mempunyai keterampilan yang bisa diajarkan kepada muridnya. Keterampilan ini bisa diperoleh dari dunia Pendidikan yang bisa dipertanggung jawabkan.
  3. Selanjutnya yang harus dimiliki oleh guru yaitu sebuah kompetensi yang harus ditopang oleh disiplin ilmu. Disiplin ilmu yang didmiliki seorang guru haruslah fokus satu saja.
  4. Guru juga diharuskan mentaati kode etik yang sudah ditentukan. Jika ada guru yang melanggar kode etik tersebut maka guru tersebut harus siap menerima sanksinya.
  5. Seorang guru juga akan mendapatkan haknya. Hak yang dimaksudkan disinin berupa sebuah kompensasi baik itu secara finansial maupun material. Pemberian hak ini merupakan sebuah bentuk balas jasa atas apa yang telah guru tersebut berikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *