Pengertian Globalisasi dan Dampak Globalisasi Bagi Masyarakat

  • Whatsapp
Pengertian Globalisasi dan Dampak Globalisasi Bagi Masyarakat
Pengertian Globalisasi dan Dampak Globalisasi Bagi Masyarakat

Di era globalisasi segala macam informasi yang tersebar luas di dunia luar mampu diakses dengan mudah dan cepat. Hal itu karena didukung dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan transportasi. Secara umum pengertian globalisasi dan dampak globalisasi harus diuraikan satu persatu, sehingga dapat dipahami dengan lebih luas.

Globalisasi sendiri memiliki makna sebagai dunia batas atau sering disebut dengan dunia satu atap. Globalisasi memberikan dampak positif dan juga negatif terhadap masyarakat dan semua itu tergantung bagaimana seseorang menyikapinya.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Globalisasi adalah sebuah proses yang mendunia, dimana seseorang tidak terikat dari berbagai batasan wilayah atau suatu negara tertentu. Jadi setiap individu dapat terhubung langsung dan saling bertukar informasi setiap waktu, baik melalui media cetak maupun media elektronik di manapun.

Arti globalisasi menurut bahasa yaitu sebuah sistem yang mendunia. Dengan adanya globalisasi, maka komunikasi antar negara menjadi semakin mudah dalam berbagai bidang, misalnya saja dalam bidang pertukaran informasi dan perdagangan.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

  1. Laurence E Rothernberg

Menurut Laurence, globalisasi adalah suatu percepatan yang diperoleh dari intensifikasi hubungan dan integrasi pada setiap individu, perusahaan atau instansi pemerintahan dari setiap negara berbeda.

  1. Antony Giddens

Globalisasi adalah suatu penggiatan interaksi sosial yang mendunia, sehingga dalam menghubungkan setiap kejadian menjadi lebih mudah.

  1. Emanuel Ritcher

Emanuel menjelaskan bahwa globalisasi bisa diartikan sebagai suatu jaringan aktivitas mendunia untuk menyatukan masyarakat yang tersebar agar lebih terisolasi, sehingga timbul rasa saling ketergantungan dan mendukung untuk persatuan dunia.

  1. Martin Ebrow

Martin Ebrow menyampaikan bahwa globalisasi adalah suatu sistem masyarakat yang kemudian terhubung langsung menjadi salah satu organisasi dunia, baik secara tunggal maupun global.

  1. Selo Sumardjan

Menurut Selo, globalisasi bisa diartikan sebagai suatu sistem terbentuknya sebuah organisasi dalam melakukan komunikasi dari seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia dengan tujuan agar setiap sistem yang dijalankan menjadi sama.

Dampak Globalisasi Bagi Kehidupan Masyarakat

Dari pengertian globalisasi dan dampak globalisasi yang telah dibahas di atas. Globalisasi dapat memberikan dampak dalam berbagai macam sektor di masyarakat. Dampak atau pengaruhnya bisa bersifat positif dan juga negatif.

Dampak Positif Globalisasi

  • Proses pembangunan dalam suatu negara menjadi semakin banyak.
  • Kegiatan komunikasi untuk luar daerah atau antar negara menjadi semakin mudah dan cepat.
  • Akses transportasi lebih mudah.
  • Keinginan untuk meningkatkan kualitas diri pada setiap individu menjadi semakin tinggi.
  • Taraf hidup masyarakat menjadi meningkat.
  • Berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan mudah didapatkan.
  • Jumlah tempat pariwisata dan wisatawan menjadi meningkat.
  • Kebutuhan ekonomi semakin efektif, produktif dan juga lebih efisien.

Dampak Negatif Globalisasi

  • Warisan adat dan budaya bangsa yang telah lama ada menjadi semakin terkikis.
  • Sikap saling peduli dan kebiasaan gotong royong semakin hilang.
  • Masyarakat menjadi semakin konsumtif dan menyebabkan tingkat kreativitas menjadi menurun. Hal itu dipengaruhi karena banyaknya industri, sehingga terdapat banyak jenis barang yang ditawarkan kepada masyarakat.
  • Sikap individualisme menjadi semakin meningkat pada masyarakat.
  • Sikap buruk seseorang dan perilaku negatif banyak bermunculan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Berbagai jenis informasi muncul tidak terbatas dan tidak bisa dibendung. Sehingga informasi yang bersifat negatif dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat.
  • Perusahaan lokal menjadi sulit berkembang karena kalah saing dengan perusahaan luar yang tentunya lebih maju dan memiliki teknologi lebih canggih.
  • Meskipun gaya kehidupan barat tidak semua berdampak positif, namun sangat mudah terkontaminasi dan menjadi gaya hidup manusia di era globalisasi saat ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *