Pengertian Gerak dan Beberapa Macam Gerak

  • Whatsapp
Pengertian Gerak dan Beberapa Macam Gerak
Pengertian Gerak dan Beberapa Macam Gerak

Benda di bumi selalu bergerak setiap saat. Gerakan tercipta karena pengaruh gaya dari luar benda tersebut. Makhluk hidup juga selalu bergerak setiap harinya. Salah satu contoh gerakan yang paling sering kita lakukan yaitu menarik dan mendorong pintu untuk membukanya. Kendaraan di jalan raya juga bergerak di jalurnya masing-masing. Lalu, apakah yang dimaksud dengan gerak?

Pengertian Gerak

Gerak adalah perubahan posisi suatu benda yang mendekati atau menjauhi sebuah titik acuan. Titik acuan atau titik pengamatan merupakan sebuah titik yang digunakan oleh seseorang untuk mengamati gerak suatu benda. Misalnya Anda melihat bola dan sebuah pohon. Anda dapat mengamati gerak bola dengan menjadikan pohon sebagai titik acuan. Bola dapat bergerak mendekati atau menjauhi pohon.

Gerak ternyata memiliki sifat yang relatif. Artinya, sebuah benda bisa dikatakan bergerak dan tidak bergerak di saat yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh titik acuan yang digunakan sebagai patokan. Misalnya sebuah pohon di atas bumi dapat dikatakan tidak bergerak karena tidak berpindah dari satu titik ke titik lain. Pohon di bumi juga dikatakan bergerak jika matahari dijadikan sebagai titik acuannya.

Ada juga contoh lainnya yaitu seseorang yang berada di dalam bus. Seseorang tersebut dapat dikatakan tidak bergerak jika kita melihatnya dengan bus sebagai titik acuan. Namun saat kita melihat plang nama jalan sebagai titik acuan, seseorang tersebut bergerak sejalan dengan bus yang ditumpanginya.

Macam-macam Gerak

Setelah memahami tentang pengertian gerak, Anda juga harus memahami tentang macam-macam gerak. Gerak dikelompokkan berdasarkan dua hal, yang pertama gerak berdasarkan lintasan dan yang kedua gerak berdasarkan percepatannya.

1. Gerak Berdasarkan Lintasannya

Ada 3 jenis gerak berdasarkan bentuk lintasannya yaitu gerak lurus, gerak parabola, dan gerak melingkar.

  • Gerak lurus

Gerak lurus adalah perpindahan sebuah benda dari titik awal ke titik akhir yang lintasannya berbentuk garis lurus. Contoh gerak lurus yaitu buah apel yang jatuh dari pohonnya ke atas tanah. Contoh lain dari gerak lurus yaitu kereta MRT yang berjalan di atas rel lurus tanpa tikungan.

  • Gerak parabola

Gerak parabola adalah perpindahan benda dari titik awal ke titik akhir yang lintasannya membentuk derajat sudut tertentu pada bidang horizontal di bawahnya. Lintasan gerak parabola berbentuk melengkung, oleh sebab itulah dinamakan sebagai gerak parabola. Contoh dari gerak ini antara lain bola yang terkena tendangan lambung pemain.

  • Gerak melingkar

Gerak melingkar adalah pergerakan benda dari titik awal kembali ke titik awal lagi dengan lintasan yang bentuknya lingkaran atau oval dan bertumpu pada satu titik poros. Contoh gerak melingkar antara lain bulan yang bergerak mengelilingi bumi dan bumi yang berevolusi mengelilingi matahari selama satu tahun.

2. Gerak Berdasarkan Percepatannya

Jika dikelompokkan menurut percepatannya, gerak dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu gerak beraturan dan gerak berubah beraturan. Apakah yang membedakan kedua jenis gerak ini? Berikut penjelasannya.

  • Gerak beraturan

Gerak beraturan adalah perpindahan sebuah benda dari titik awal ke titik akhir dengan kecepatan dan percepatan yang selalu tetap. Gerak beraturan ini dapat memiliki lintasan lurus, parabola, dan juga melingkar.

Contoh gerak beraturan misalnya lift yang digunakan untuk transportasi pada sebuah gedung. Lift selalu bergerak dengan konstan.

  • Gerak berubah beraturan

Gerak berubah beraturan adalah perpindahan sebuah benda dari titik awal ke titik akhir dengan percepatan yang konstan sehingga kecepatannya meningkat atau menurun secara beraturan. Contoh gerak ini adalah buah apel yang jatuh dari pohon ke atas tanah. Gaya gravitasi membuatnya bergerak semakin cepat saat sudah semakin dekat dengan permukaan bumi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *