Pengertian Gateway dan Fungsi Gateway dalam Jaringan Komputer

  • Whatsapp
Pengertian Paradigma
Pengertian Paradigma

Setiap manusia memerlukan interaksi dengan manusia yang lainnya. Pada zaman pra aksara, manusia saling berinteraksi dengan menggunakan bahasa isyarat. Cara interaksi di antara manusia semakin berkembang seiring berjalannya zaman. Sampai akhirnya, mereka mulai menggunakan bahasa secara lisan untuk saling berkomunikasi di antara satu dengan yang lain.

Zaman juga semakin menambah variasi terhadap cara manusia berkomunikasi. Karena, mereka cenderung menginginkan untuk berkomunikasi meski jarak yang ditempuh sangat jauh. Perkembangan komunikasi yang semakin pesat ditandai dengan munculnya internet. Salah satu istilah yang mungkin sering Anda dengar adalah Gateway. Apa itu Gateway?

Pengertian Umum Gateway

Pengertian Gateway sendiri adalah, sebuah gerbang atau jalan yang digunakan untuk menjalin akses hubungan antar jaringan. Keberadaan Gateway sangat penting apabila mengingat arti dari istilah ini. Karena, Anda tidak dapat menghubungkan jaringan yang diinginkan menjadi satu, tanpa melalui sebuah rute yang telah ditentukan.

Istilah Gateway merujuk kepada software maupun hardware yang digunakan untuk menjembatani dua buah aplikasi. Gateway masih dapat menjembatani kedua aplikasi tersebut, meski tidak kompatibel. Sehingga, data maupun informasi yang ada dapat dibagikan melalui banyak komputer. Salah satu contoh dari penggunaan sistem Gateway yang paling umum adalah pertukaran Email.

Host mengalihkan lalu lintas jaringan dari satu jaringan menuju jaringan lainnya. Selain itu, host juga bisa digunakan untuk mengalihkan lalu lintas jaringan, dari sebuah protokol menuju protokol lainnya. Meskipun jaringan yang akan dihubungkan memiliki arsitektur yang sangat berbeda, komunikasi dapat terus terjalin. Sehingga, pertukaran Email dapat terjadi.

Fungsi Gateway Secara Umum

Fungsi Gateway adalah untuk menghubungkan komputer, sehingga dapat terus berkomunikasi. Karena, komunikasi sendiri merupakan tujuan utama keberadaan internet. Semakin cepat arus informasi maka akan semakin baik.

Gateway mengoneksikan perangkat komputer terhadap perangkat lainnya. Perangkat yang bisa dihubungkan dengan menggunakan Gateway tidak hanya dua buah perangkat. Akan tetapi, Gateway mampu menghubungkan lebih dari dua buah perangkat secara bersamaan.

Kemampuan untuk menghubungkan banyak perangkat secara bersamaan membuat fungsi dari Gateway menjadi semakin efisien. Meskipun perangkat–perangkat tersebut memiliki protokol yang berbeda, namun bisa tetap dihubungkan antara satu dengan yang lain.

Apabila dilihat secara kasat mata, kegunaan Gateway sangat mirip dengan router. Namun, hal tersebut tidak benar, router sendiri lebih cenderung kepada perangkat untuk memancarkan dan menangkap sinyal. Sedangkan, Gateway digunakan untuk menghubungkan antar perangkat jaringan yang ada meskipun memiliki protokol berbeda.

Fungsi Gateway

1. Protocol Converting

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya bahwa, Gateway digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer menjadi satu. Namun, apabila protokol dalam jaringan tersebut berbeda. Maka, kedua jaringan tersebut tidak akan saling terhubung. Sehingga, terdapat fitur protocol converting untuk merubah protokol yang ada agar bisa saling terhubung.

2. Berbagi Perangkat Keras

Seringkali sebuah perangkat keras digunakan secara bersama–sama. Contohnya adalah printer, perangkat ini seringkali digunakan secara bersama-sama oleh banyak komputer. Untuk menghubungkan jaringan komputer dengan printer membutuhkan bantuan Gateway. Gateway bisa menghubungkan beberapa perangkat yang arsitekturnya sangat berbeda.

3. Mempermudah Akses Informasi

Semakin cepat akses informasi, maka keputusan yang diambil akan semakin akurat. Akses informasi bisa dipermudah dengan keberadaan Gateway. Gateway bisa menghubungkan komputer pada sistem jaringan yang sangat luas seperti LAN, MAN, bahkan WAN.

4. Pengamanan dan Pengaturan Data

Sebuah perusahaan yang berskala besar pasti membutuhkan akses data yang terintegrasi. Komputer-komputer yang ada di hubungkan dengan menggunakan Gateway. Sehingga, setiap divisi dalam perusahaan tersebut bisa mengambil keputusan terbaik, karena didukung oleh data yang sangat terpercaya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *