Pengertian Frekuensi dan Jenis-jenis Frekuensi di Dunia Fisika

  • Whatsapp
Pengertian Frekuensi dan Jenis-jenis Frekuensi di Dunia Fisika
Pengertian Frekuensi dan Jenis-jenis Frekuensi di Dunia Fisika

Fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan populer yang mempelajari tentang materi yang disertai gerak dan perilakunya dalam suatu ruang dan waktu. Terdapat banyak hal yang dipelajari dalam fisika, salah satu nya adalah frekuensi. Pengertian frekuensi dan jenis-jenis frekuensi di dunia fisika memang masih belum banyak diketahui banyak orang.

Banyaknya orang yang menganggap fisika sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang sulit dipelajari. Namun, ilmu pengetahuan ini sebenarnya cukup mudah dan menarik jika Anda mempelajarinya. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun Anda dapat dengan mudah menemukan suatu hal yang dipelajari dalam fisika.

Pengertian Frekuensi dalam Fisika

Ilmu fisika mempelajari frekuensi merupakan jumlah siklus suatu gelombang atau vibrasi per detik dan memiliki laju pengulangan peristiwa yang sama. Maksudnya, frekuensi dapat diartikan sebagai suatu gelombang yang datang terus menerus secara teratur dalam setiap detik. Satuan detik ini biasa disebut dengan heartz.

Frekuensi dilambangkan dengan “f” dan Anda dapat menghitung frekuensi atau jumlah getaran dengan menggunakan rumus f = 1/t. Frekuensi ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan manusia. Salah satunya adalah radio, yang mungkin Anda bahkan tidak menyadarinya. Radio memiliki frekuensi yang dapat membantu Anda mendengarkan acara radio.

Jenis-jenis Frekuensi di Dunia Fisika

Saat mempelajari ilmu fisika terdapat beberapa jenis frekuensi yang dibedakan berdasarkan asal dari frekuensi tersebut muncul. Tanpa disadari, sebenarnya kedua jenis frekuensi ini sering bersinggungan dengan kehidupan Anda sehari-hari. Berikut merupakan jenis frekuensi beserta penjelasannya.

1. Frekuensi Audio

Jenis frekuensi yang pertama yakni frekuensi radio. Frekuensi ini dapat didengarkan oleh manusia dan lebih akrab disebut dengan frekuensi suara. Frekuensi ini memiliki  getaran sekitar 20 hingga 20.000 hz dalam rentang gelombang.

Sebenarnya frekuensi ini sangat sering bahkan setiap hari Anda gunakan secara langsung maupun tidak untuk dapat mendengarkan suara. Contohnya ketika Anda mendengar gelas yang terjatuh maka sebenarnya frekuensi audiolah yang membuat Anda dapat mendengar suara tersebut.

Terdapat tiga jenis frekuensi radio yang saat ini dipelajari. Ketiga frekuensi audio ini dibedakan berdasarkan tingkat getaran dari gelombang. Ketiga jenis frekuensi tersebut yakni frekuensi infrasonic, frekuensi audible dan frekuensi ultrasonic.

2. Frekuensi Radio

Jenis frekuensi yang terakhir adalah frekuensi radio. Sama seperti namanya, frekuensi ini digunakan dalam radio. Berbeda dengan frekuensi audio, jenis frekuensi ini tidak dapat didengarkan langsung oleh manusia.

Frekuensi radio berasal dari spektrum elektromagnetik yang dihasilkan dari arus bolak-balik dan menuju ke antena. Oleh karena itu, jenis frekuensi ini dimanfaatkan untuk mengirimkan suara melalui gelombang udara. Namun, frekuensi radio ini terbagi menjadi dua jenis yang berbeda.

Kedua jenis frekuensi radio tersebut  yakni frekuensi radio fm dan am. Jika Anda sering mendengarkan radio, pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua jenis frekuensi radio tersebut. Frekuensi radio fm adalah frekuensi yang memiliki kualitas yang baik, bahkan termasuk dalam very high frequency (vhf).

Sementara untuk frekuensi radio am lebih pada perubahan amplitudonya. Frekuensi ini berbentuk modulasi dimana sinyal informasinya tergabung menjadi satu dengan sinyal pembawa. Di indonesia sendiri para pecinta radio lebih sering menggunakan fm dibandingkan am karena kualitasnya yang lebih baik.

Fungsi Frekuensi 

Frekuensi memiliki banyak fungsi yang membantu kegiatan manusia. Tidak hanya sebagai penghibur seperti radio, frekuensi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu fungsi paling terkenal dari frekuensi adalah  dapat membantu Anda dalam mengirimkan teks, audio bahkan foto.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *