Pengertian Fisika dan Kegunaannya

  • Whatsapp
Pengertian Fisika
Pengertian Fisika

Saat memasuki bangku Sekolah Menengah Atas atau SMA, Anda pasti diperkenalkan dengan Fisika. Bagi sebagian orang fisika mungkin terbilang sulit karena menggunakan beberapa rumus seperti matematika. Namun ternyata fisika memiliki beberapa kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini pengertian Fisika dan kegunaannya di dalam keseharian.

Pengertian Fisika

Fisika adalah sebuah ilmu pengetahuan dasar yang mempelajari tentang sifat-sifat atau gejala pada benda yang ada di sekitar Anda. Fisika merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam yang telah ditemukan berabad-abad yang lalu, bahkan sejak zaman Newton dan Galileo. Dapat dikatakan jika fisika adalah salah satu cabang ilmu tertua yang ada di bumi ini.

Ilmu fisika tak hanya menjadi sekedar ilmu yang dipelajari di bangku sekolah namun juga dapat diterapkan pada pekerjaan sehari-hari. Maka dari itu, meskipun fisika dirasa cukup sulit namun ada kegunaannya di dalam beberapa kegiatan dalam kehidupan Kita dan juga dapat menjawab beberapa pertanyaan mengenai kehidupan ini.

Sejarah Fisika

Layaknya ilmu pengetahuan lainnya, fisika memiliki tahapan sejarah yang membuatnya menjadi ilmu yang masih dipelajari saat ini. Fisika tidak mengalami perubahan, tetapi terus mengalami beberapa kemajuan dan juga perkembangan sehingga dapat dipergunakan oleh berbagai kalangan yang membutuhkan.

Sejarah fisika dimulai dari astronomi dan juga filsafat alam. Namun pada abad pertengahan, fisika diturunkan oleh seorang cendekiawan Islam. Ilmu fisika yang pertama kali dikembangkan adalah ilmu fisika mengenai optik atau penglihatan. Setelah itu fisika berkembang menjadi fisika klasik, kemudian fisika modern hingga saat ini.

Kegunaan Fisika

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan tertua yang dapat menjawab beberapa pertanyaan mengenai alam ini. Selain itu, ilmu fisika juga sangat berguna dalam perkembangan teknologi. Fisika juga memiliki beberapa kegunaan seperti yang dijelaskan dalam beberapa poin berikut.

1. Mengungkap Rahasia Alam

Meskipun manusia telah berada di bumi sejak berabad-abad lamanya, masih ada beberapa rahasia alam yang belum terungkap dan masih menjadi misteri. Inilah yang menjadikan ilmu fisika berguna dalam kehidupan di Bumi. Tak hanya mengungkap rahasia tentang alam, beberapa rumus dan teori fisika juga baru ditemukan bersamaan dengan fenomena alam yang baru terjadi.

2. Berperan dalam Penemuan Teknologi

Fisika merupakan salah satu ilmu yang berperan besar dalam penemuan-penemuan teknologi yang ada di dunia. Kebanyakan penemu teknologi ini menggunakan ilmu fisika saat mengungkap teknologi baru. Dengan adanya ilmu fisika, kehidupan sehari-hari menjadi jauh lebih mudah karena ditemukannya berbagai macam teknologi yang membantu masalah dalam keseharian Kita.

3. Membantu Perkembangan Teknologi

Selain berperan penting dalam penemuan teknologi dalam peradaban manusia, teknologi juga kerap kali digunakan dalam membantu perkembangan teknologi yang telah ada. Misalnya salah satu barang yang paling sering digunakan saat ini yaitu telepon genggam atau smartphone. Benda ini telah mengalami berbagai bentuk perkembangan hingga sampai kepada bentuk dan kegunaannya saat ini.

4. Sebagai Dasar Pemikiran Logis

Membicarakan alam ini tentu tak pernah lepas dari Sang Pencipta. Tuhan memberikan kita akal untuk berpikir dalam memecahkan masalah yang ada. Itulah mengapa ilmu fisika ditemukan sebagai dasar pemikiran logis dalam berbagai fenomena yang ada di muka bumi. Mempelajari fisika memang cukup sulit bagi sebagian orang, tetapi ketika Anda telah memahaminya ada banyak kegunaannya.

5. Berperan dalam Ilmu Kedokteran

Tak hanya ilmu biologi, ilmu fisika juga berperan dalam sejumlah hal di ilmu kedokteran. Salah satunya adalah bermanfaat dalam penyembuhan beberapa penyakit. Meskipun sebagian besar penyakit disembuhkan oleh obat-obatan namun tidak sedikit penyakit yang menggunakan fisika sebagai jalan kesembuhan. Penyakit ini biasanya merupakan penyakit yang penyebabnya belum ditemukan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *