Pengertian Filsafat Ilmu

  • Whatsapp
Pengertian Filsafat Ilmu
Pengertian Filsafat Ilmu

Filsafat ilmu mungkin terdengar sangat sulit untuk dimengerti. Filsafat dapat diartikan sebagai sebuah penyelidikan kritis atas sebuah pernyataan yang diajukan oleh berbagai ilmu pengetahuan. Sedangkan ilmu dapat diartikan sebagai sebuah pengetahuan yang didapatkan melalui sebuah proses pembelajaran. Pada bagian selanjutnya Anda dapat mengetahui lebih jelas pengertian filsafat ilmu.

Pengertian Filsafat Ilmu

Filsafat ilmu adalah filsafat dengan ilmu sebagai pokok bahasan serta inti dari kebenaran yang seringkali dipertanyakan. Untuk mengingat dan menjelaskan apa definisi dari filsafat ilmu memang merupakan hal yang mudah, tetapi untuk memahami hal-hal penting apa yang dipelajari dalam filsafat ilmu dapat dikatakan cukup sulit untuk dilakukan.

Filsafat ilmu memiliki 2 artian yakni arti luas dan juga arti sempit. Dalam arti luas, filsafat ilmu adalah sebuah tempat yang dapat menampung permasalahan yang muncul pada hubungan luar pada kegiatan ilmiah. Sedangkan dalam artian sempit, filsafat ilmu menampung berbagai masalah yang muncul dalam kegiatan ilmiah tersebut.

Beberapa ahli memiliki pendapatnya tersendiri mengenai apa yang disebut dengan filsafat ilmu. Berikut adalah beberapa pandangan ahli mengenai definisi dari filsafat ilmu:

1. Jujun Suriasumantri

Jujun Suriasumantri berpendapat bahwa filsafat ilmu adalah salah satu  bagian dari filsafat pengetahuan atau yang biasa disebut dengan epistemologi.

2. Peter Caws

Peter Caws berpendapat bahwa filsafat ilmu adalah sebuah bagian dari ilmu filsafat yang memberikan pengetahuan mengenai pengalaman daripada manusia. Filsafat melakukan dua macam hal yaitu membuat berbagai teori namun disisi lain juga mengkritisi mengenai teori-teori lainnya.

3. Cornelius Benjamin

Menurut Benjamin, filsafat ilmu adalah sebuah cabang dari filsafat mempelajari dasar dari sebuah ilmu secara sistematis. Jadi dapat dikatakan bahwa filsafat ilmu merupakan sebuah cabang pengetahuan filsafat yang menelaah ilmu pengetahuan secara sistematis.

4. Michael V. Berry

Michael V. Berry berpendapat bahwa filsafat ilmu merupakan sebuah telaah mengenai logika interen dar berbagai macam teori ilmiah serta hubungannya terhadap percobaan dan teori, salah satunya mengenai metode ilmiah.

5. Lewis White Beck

Beck memberikan sebuah pemahaman jika filsafat ilmu pada umumnya membahas serta mengevaluasi metode pemikiran ilmiah dan juga berusaha untuk menemukan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan.

Fungsi Filsafat Ilmu

Tentu saja sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, filsafat ilmu memiliki berbagai fungsi bagi orang yang mempelajari atau menerapkannya. Ada beberapa fungsi dan juga tujuan dari filsafat ilmu yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Filsafat ilmu digunakan sebagai alat dalam mencari kebenaran pada setiap fenomena yang terjadi di dalam kehidupan.
  2. Filsafat ilmu juga digunakan sebagai pertahanan, penunjang dan juga perlawanan terhadap pandangan atau teori filsafat lainnya.
  3. Filsafat ilmu memberikan sebuah pengetahuan mengenai bagaimana seharusnya kita memandang hidup dan bagaimana menjalaninya.
  4. Memberikan sebuah pengajaran mengenai moral dan juga etika yang sangat berguna untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Berguna sebagai bentuk kejelasan mengenai keberadaan manusia di dalam kegiatannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan maupun teknologi sebagai alat yang menjadikan kehidupan menjadi lebih baik.
  6. Filsafat ilmu sangat berguna bagi seseorang untuk lebih bijaksana dan juga lebih netral dalam memberikan sudut pandang maupun memecahkan permasalahan yang muncul di dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Filsafat ilmu dapat membuat seseorang menjadi jauh lebih kritis saat dihadapkan pada suatu pendapat atau opini. Ilmu ini membuat orang tidak akan gampang terbawa oleh pendapat orang lain yang belum pasti kebenarannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *