Pengertian File dan Jenis-jenis File pada Komputer

  • Whatsapp
Pengertian File dan Jenis-jenis File pada Komputer
Pengertian File dan Jenis-jenis File pada Komputer

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu setiap orang kerap berhadapan dengan file pada komputer. File-file ini berisikan dokumen penting yang disimpan dalam komputer dan dapat dibuka sewaktu-waktu. Meski telah banyak yang menggunakannya namun tak banyak orang yang paham pengertian file dan jenis-jenis file pada komputer.

Pengertian File

File adalah sekumpulan data berisi informasi yang tersimpan dalam komputer dan saling berhubungan satu sama lain. Lebih singkatnya, file dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk arsip ataupun data yang ada dalam komputer. Pengertian file ini dapat pula dirujuk dari beberapa paparan yang disampaikan para ahli, antara lain;

  • McLeod Pearson menyatakan bahwa file adalah wujud koleksi record atau rekaman yang kesemuanya saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Contohnya, sebuah file dari seluruh rekaman beris bidang kode mata kuliah beserta namanya.
  • Rachmad Hakim S. berpendapat bahwa file merupakan kumpulan dokumen yang isinya informasi tertentu serta dapat dibuka menggunakan suatu program tertentu dalam komputer.
  • Edi S. Mulyanta menyatakan bahwa file adalah runtutan data yang dipakai guna melajukan encode dari informasi digital yang bisa digunakan dalam pertukaran ataupun penyimpanan data.
  • Hendrayudi berpendapat bahwa file merupakan kumpulan data yang tersimpan pada suatu media dan memiliki informasi mengenai besaran ukuran, jam dan tanggal penyimpanan, nama file, ciri tertentu, serta atribut lainnya.

Dari berbagai pengertian yang dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa file erat hubungannya dengan bidang komputerisasi.

Jenis-jenis File dalam Komputer serta Fungsinya

File ini memiliki banyak jenis dengan format yang berbeda-beda, antara lain;

1. File system

File jenis ini biasanya berisikan sistem yang berfungsi agar program komputer bisa dijalankan sebagaimana mestinya. File jenis ini juga mendukung pengoperasian berbagai jenis aplikasi yang telah diinstal dalam komputer. Wujud file system dapat berupa com, tmp, sys, bat, bak, dan exe.

2. File Video

Sesuai namanya, file jenis ini menyimpan informasi dan dokumen video di dalamnya. Tiap eksistensi biasanya memiliki karakteristik dan kebutuhan alat pemutar yang berbeda. Jadi, jangan heran jika file video tak dapat dimainkan di perangkat Anda karena ada beberapa jenis file yang hanya bisa diputar menggunakan software tertentu. File ini dapat berwujud wmv, mp4, avi,3gp, flv, mpg, dan kv.

3. File Dokumen

File ini berisi dokumen berwujud tulisan. Anda bisa membukanya dengan menyesuaikan software yang pas dengan karakteristik dokumen. File jenis dokumen memiliki bermacam format, seperti doc, xls, ods, ppt, pdf, txt, dan odt.

4. File Gambar

File ini berisikan gambar dengan format beragam, seperti jpg, jpeg, gif, tid, png, dan lainnya. Tak hanya berasal dari hasil jepretan kamera saja, file ini juga dihasilkan dari beberapa software dalam komputer.

5. File Suara

File suara bisa berisikan rekaman, unduhan, atau lainnya yang memiliki suara tanpa berwujud rupa. Eksistensi file ini terdiri atas beberapa jenis, antara lain mp3, wav, rm, midi.

Beda Format File dan File Extension

Dalam jenis file di atas terdapat istilah format file dan ekstensi file, sebenarnya apa bedanya? Meski kerap disandingkan dan kadang diartikan dalam makna serupa, nyatanya keduanya adalah dua hal yang berbeda. File format merupakan struktur pada sebuah file sebagaimana file itu dibentuk. Strukturnya umumnya ada di header, metadata, konten, dan EOF.

Di sisi lain, file extension mengarah pada karakter yang diletakkan pada akhir sebuah nama file. Fungsinya ditujukan agar mempermudah sistem komputer dalam mengidentifikasi data yang ada menggunakan program yang sesuai. Ringkasnya, format file cenderung merujuk pada nama jenis suatu file, sementara file extension merujuk pada metode untuk identifikasi file.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *