Pengertian Ekonomi Makro: Kajian dan Permasalahan

  • Whatsapp
Pengertian Ekonomi Makro

Bidang kajian ilmu pengetahuan ada banyak sekali. Mulai dari ilmu bidang kesehatan fisik, kesehatan mental, sosial, budaya, bahasa, agama, dan lain sebagainya. Salah satu bidang ilmu kajian yang dianggap penting untuk dipelajari demi kesejahteraan masyarakat tak lain adalah ilmu ekonomi. Ekonomi sendiri memiliki cabang-cabang ilmu tertentu. Salah satunya adalah ekonomi makro.

Bagi masyarakat berpendidikan istilah ekonomi makro mungkin sudah sangat dikenal. Berbeda halnya dengan masyarakat awam yang mungkin menganggap istilah ekonomi makro masih terasa asing di telinga dan pikiran. Tidak ada salahnya bagi Anda yang masih awam dengan ekonomi makro, untuk mengetahui makna atau pengertiannya.

Pengertian Ekonomi Makro Secara Umum

Ekonomi makro adalah  bidang ilmu ekonomi yang pembahasannya tergolong dalam skala besar atau meluas. Baik itu ekonomi nasional maupun internasional. Jangkauan ekonomi makro sudah jelas lebih besar dibandingkan dengan ekonomi mikro.

Beberapa Kajian Dalam Ekonomi Makro

Ekonomi sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat. Semua hal yang berkaitan dengan jual beli, keuangan, bisnis, saham, dan lainnya terkait dengan ilmu ekonomi. Tanpa adanya ilmu ekonomi, mungkin keadaan keuangan masyarakat akan sangat kacau.

Dalam bidang ilmu ekonomi makro, pembahasannya tidak lagi mengenai jual beli di pasar akan tetapi pembahasannya lebih luas lagi. Ekonomi makro akan membahas mengenai ekonomi suatu negara secara garis besar. Begitu pun kajian yang menjadi objek pembahasan dalam ekonomi makro juga beraneka ragam, di antara pembahasannya adalah:

1. Kajian Pendapatan Skala Nasional

Dalam ekonomi makro pendapatan yang dikaji bukan lagi mengenai pendapatan secara individu dalam kehidupan masyarakat, akan tetapi pendapatan suatu negara dalam skala nasional.

2. Kajian Investasi

Ada banyak sekali bentuk-bentuk investasi yang ada di dunia ekonomi dan bisnis. Namun, dalam ekonomi makro investasi yang dibahas bukan lagi jenis-jenis investasi yang bisa digunakan oleh Anda sebagai warga negara. Ekonomi makro akan membahas mengenai investasi negara untuk kepentingan negara itu sendiri. Dengan kata lain, investasi mendunia.

3. Kesempatan dan Peluang Kerja

Keadaan ekonomi suatu negara tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya peluang kerja yang baik pula. Dalam ilmu ekonomi makro, peluang kerja pun sangat diperhitungkan demi kelancaran dan kesejahteraan perekonomian suatu negara. Hal ini menjadi kajian ekonomi makro yang terbilang sangat penting.

4. Neraca

Neraca sendiri merupakan salah satu pembahasan dalam bidang ilmu ekonomi. Dalam ekonomi mikro, neraca yang dibahas mungkin masih dalam lingkup kecil di suatu perusahaan. Berbeda jika dalam ekonomi makro, neraca yang dibahas adalah neraca dalam skala nasional pada suatu negara tertentu.

Bentuk Permasalahan Dalam Ekonomi Makro

Dalam bidang ilmu ekonomi tentu ada banyak sekali permasalahan yang terkait dengan keuangan. Tidak terkecuali dengan ilmu ekonomi makro yang di dalamnya juga membahas keuangan secara luas dalam skala nasional dan internasional. Adanya ilmu ekonomi makro juga didasari dengan adanya beragam bentuk permasalahan dalam skala nasional maupun internasional.

Beberapa contohnya seperti pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara yang melambat, inflasi yang terjadi di lingkungan masyarakat, hutang piutang yang dimiliki suatu negara, dan lain sebagainya. Dalam permasalahan ekonomi makro beberapa hal yang dianggap merugikan akan dikaji untuk menemukan solusinya.

Hal ini karena jika ekonomi suatu negara hancur maka kemiskinan akan menjadi momok menakutkan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Dari paparan pengertian ekonomi makro, kajian, dan permasalahannya tersebut, maka kini setidaknya Anda sudah memiliki sedikit pandangan mengenai bagaimana ilmu dan wawasan yang akan didapat dalam ekonomi makro itu sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *