Pengertian Efisien Menurut Para Ahli,Tujuan dan Syarat Efisiensi

  • Whatsapp
Pengertian Efisien Menurut Para Ahli,Tujuan dan Syarat Efisiensi
Pengertian Efisien Menurut Para Ahli,Tujuan dan Syarat Efisiensi

Anda tentu sering mendengar atau bahkan menggunakan kata efisien dalam kehidupan sehari-hari. Istilah tersebut juga sering muncul dalam tayangan televisi, media cetak seperti koran, majalah ataupun dalam artikel di internet. Kata efisien mengandung beberapa makna sesuai dengan topik yang dibahas. Oleh karena itu pengertian efisien menurut para ahli, tujuan dan manfaatnya perlu Anda ketahui.

Istilah efektif dan efisien memang bisa dibilang istilah yang sering kali dikaitkan atau dihubungkan. Akan tetapi perlu pembaca pahami bahwa kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda.

Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli

Efisien adalah salah satu bentuk pencapaian hasil kegiatan yang diukur berdasarkan atas sumber daya atau jumlah biaya yang dikeluarkan, sehingga mencapai hasil sesuai dengan harapan. Semakin minim biaya atau sumber daya yang dikeluarkan untuk mencapai target, maka proses tersebut bisa dibilang cukup efisien.

Dalam suatu program kegiatan akan semakin efisien jika dalam prosesnya selalu ada perbaikan. Misalnya menjadi lebih baik, lebih murah atau lebih cepat. Agar lebih dapat dipahami, maka Anda perlu mengetahui beberapa pengertian efisien menurut para ahli berikut ini.

  1. Mulyamah

Menurut Mulyamah, istilah efisien memiliki arti ukuran tertentu untuk membandingkan suatu hal dalam proses perencanaan dengan program kerja yang sudah direalisasikan atau penggunaan yang sebenarnya.

  1. P. Hasibuan

Efisien menurut Hasibuan adalah perbandingan terbaik antara masukan dengan hasil keuntungan yang berdasarkan sumber-sumber yang digunakan. Misalnya, hasil menjadi lebih optimal dengan menggunakan sumber daya yang terbatas. Dengan istilah lain yaitu suatu kelebihan dengan apa yang telah dicapai dengan hasil lebih baik.

Tujuan dan Manfaat Efisien

Istilah efisiensi memang tidak pernah lepas dari kehidupan seseorang dan selalu diterapkan dalam berbagai bidang yang tentunya memiliki tujuan tertentu.  Secara umum, efisien memiliki beberapa tujuan diantaranya yaitu:

  • Untuk memperoleh suatu tujuan atau hasil usaha sesuai dengan rencana.
  • Untuk menaikkan kinerja dalam suatu unit tertentu selalu diharapkan output-nya menjadi semakin meningkat.
  • Untuk memaksimalkan hasil yang akan diperoleh.
  • Untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang telah dimiliki sehingga tidak terbuang sia-sia.
  • Untuk menekan atau menghemat penggunaan segala sumber daya dalam melakukan suatu kegiatan tertentu.

Dari pembahasan diatas, maka tujuan dari efisien adalah untuk memperoleh hasil dengan lebih optimal. Karena efisien merupakan cara terbaik untuk digunakan sebagai pembanding antara pengorbanan dan sumber daya yang digunakan dalam mencapai suatu target.

Syarat Terwujudnya Efisien

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang selalu berusaha untuk melakukan sesuatu dengan efisien dalam berbagai bidang, agar hasil yang dicapai bisa sesuai dengan target yang diharapkan. Untuk mencapai tingkat efisien sesuai rencana, maka ada beberapa syarat yang harus diterapkan, diantaranya:

  • Berhasil guna

Berhasil guna merupakan kemampuan dalam unit kerja untuk mencapai hasil terbaik sehingga memberikan manfaat yang lebih optimal. Misalnya, suatu perusahaan dalam memproduksi berbagai barang dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

  • Ekonomis

Ekonomis merupakan suatu tindakan dalam mencapai pemasukan barang dan jasa yang lebih berkualitas, meskipun dalam tahap sekecil mungkin.

  • Pelaksanaan kerja

Untuk mencapai suatu tujuan, maka dalam pelaksanaan kerjanya harus bisa dipertanggungjawabkan secara pasti.

  • Pembagian kerja

Agar memberikan hasil secara maksimal, harus ada sistem pembagian kerja yang baik dan nyata.

  • Rasionalitas

Rasionalitas merupakan wewenang dan tanggung jawab terhadap suatu topik kegiatan dalam proses pelaksanaannya.

  • Adanya prosedur kerja

Dalam suatu kegiatan, maka harus disusun prosedur kerja yang baik dan praktis. Sehingga dapat mendukung tercapainya efisien dalam suatu target kegiatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *