Pengertian Efektivitas

  • Whatsapp

Efektivitas berasal dari kata efektif atau efek. Efektivitas lebih merujuk pada kegiatan yang dilakukan dengan cepat dan memanfaatkan sumber daya secara maksimal agar dapat mencapai tujuan kegiatan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa pengertian efektivitas yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Efektivitas

Membahas mengenai pengertian Efektivitas, berikut ini adalah beberapa rujukan pengertian dari para ahli yang dapat Anda jadikan acuan:

1. Ravianto (2014)

Efektivitas adalah usaha melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan menghasilkan output yang paling sesuai dengan harapan. Jika sebuah pekerjaan dilakukan sesuai dengan rencana awal, baik dalam langkah-langkahnya, biaya, tenaga dan waktu maka pekerjaan tersebut termasuk dalam pekerjaan yang efektif.

2. Gibson (2013)

Efektivitas adalah sebuah penilaian yang dicapai oleh individu, kelompok maupun organisasi tertentu. Penilaian tersebut mengacu pada hasil pekerjaan yang dianggap mendekati standar hasil yang diinginkan atau menjadi tujuan. Jika berhasil dilakukan maka dapat dikatakan pekerjaan tersebut efektif.

3. Prasetyo Budi Saksono

Efektivitas adalah tingkat kelekatan hasil pekerjaan dengan tujuan dari pekerjaan tersebut dengan melihat modal atau sumber daya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Jika hasil dengan modal dinilai sepadan, maka pekerjaan tersebut efektif.

4. Sondang P. Siagian

Efektivitas adalah usaha memanfaatkan sumber daya dan sarana prasarana yang memiliki jumlah tertentu untuk menghasilkan barang atau jasa sebagai alat perdagangan suatu perusahaan.

5. Schermerhon John R. Jr.

Efektivitas adalah penilaian terhadap pencapaian suatu pekerjaan dengan cara membandingkan output target dengan output sebenarnya. Jika output sebenarnya lebih besar dari output target maka pekerjaan tersebut efektif.

Kriteria Efektivitas

Suatu pekerjaan dapat dikategorikan sebagai pekerjaan yang efektif tentu harus melalui penilaian dengan kriteria tertentu. Acuan atau kriteria tersebut adalah sebagai berikut:

1. Efektivitas Keseluruhan

Penilaian terhadap hasil yang dicapai oleh individu atau kelompok dalam melaksanakan seluruh tugasnya

2. Produktivitas

Penilaian terhadap kualitas berupa barang atau jasa yang dihasilkan oleh individu, kelompok maupun perusahaan

3. Efisiensi

Penilaian yang dilakukan dengan mengukur jumlah sumber daya yang digunakan dalam suatu kegiatan untuk mencapai target yang sudah ditentukan

4. Laba

Perbandingan antara keuntungan yang didapat dengan modal yang telah dikeluarkan untuk melakukan suatu kegiatan

5. Pertumbuhan

Penilaian yang membandingkan keadaan masa kini dengan keadaan masa lalu, baik dari laba, fasilitas, penjualan dan lain-lain

6. Stabilitas

Penilaian terhadap usaha untuk mempertahankan aspek perusahaan (fasilitas, karyawan dan lain sebagainya), terutama dalam keadaan sulit

7. Semangat Kerja

Kecenderungan seseorang untuk mencapai tujuan perusahaan atau kelompok. Faktor yang mempengaruhi antara lain loyalitas, rasa memiliki yang tinggi dan tujuan yang sama.

8. Kepuasan Kerja

Timbal balik atau penghargaan yang didapat oleh individu atas usaha atau kinerjanya dalam sebuah perusahaan atau organisasi

9. Keterpaduan

Adanya hubungan komunikasi yang baik antar pekerja dalam menjalankan tugasnya secara kelompok (kerja sama)

10. Adaptasi

Kemampuan pekerja secara individu atau kelompok dan perusahaan atau organisasi dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada

11. Penilaian Pihak Luar

Penilaian pihak luar perusahaan atau organisasi yang berada dalam lingkungan tersebut terhadap individu maupun perusahaan

Contoh Efektivitas

Agar lebih mudah memahami istilah efektivitas, dibawah ini adalah contoh kasus pekerjaan atau sumber daya yang termasuk dalam kategori efektif dan tidak efektif:

Sebuah sepeda motor memiliki kemampuan untuk melaju dengan kecepatan 120 km per jam selama 2 jam dengan bahan bakar bensin 1 liter. Sepeda motor tersebut dikatakan efektif jika dapat mencapai kemampuan tersebut, jika tidak maka sepeda motor itu tidak termasuk dalam kategori efektif.

Contoh lainnya adalah sebuah mesin fotocopy diharapkan mampu menggandakan 200 kertas dalam sehari, namun mesin tersebut hanya mampu menggandakan 50 kertas dalam sehari. Mesin tersebut dikategorikan sebagai mesin yang tidak efektif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *