Pengertian Download, Cara Kerja Download, dan Beberapa Software Downloader yang Populer

  • Whatsapp
Pengertian Download, Cara Kerja Download, dan Beberapa Software Downloader yang Populer
Pengertian Download, Cara Kerja Download, dan Beberapa Software Downloader yang Populer

Anda tentunya sudah pernah mendengar bahkan sudah pernah mendownload sebuah data maupun file yang berasal dari internet. Bagi Anda yang aktif di internet tentu akan sangat memahami apa itu download. Mendownload menjadi suatu kegiatan yang sangat mudah Anda lakukan.

Download adalah suatu kegiatan mengambil data maupun file yang ada di internet. Aktivitas mendownload dapat dilakukan dengan sangat mudah. Oleh karena itu, banyak pengguna internet yang melakukan download. Namun beberapa orang awam ada yang belum mengetahui tentang download. Lantas apa itu download? Bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Download

Download berasal dari bahasa inggris yang jika diterjemahkan berarti mengunduh.  Jadi download adalah kegiatan mengunduh data atau informasi yang ada di internet. Download dapat juga diartikan sebagai proses mengambil file dokumen yang ada di internet agar dapat tersimpan di komputer.

Pengambilan file dokumen dilakukan pada web server, mail server, FTP server atau sistem lain yang sejenis. Download juga dapat dilakukan untuk berbagi dokumen dari satu perangkat ke perangkat lain dengan cara terhubung dengan internet.

Beberapa website ada yang menyediakan link download secara langsung. Namun, ada pula website yang tidak mencantumkan link download sehingga data harus di download dengan menggunakan aplikasi downloader.

Cara Kerja Download

Setelah mengetahui apa itu download tentunya Anda ingin mengetahui cara kerja download. Berikut proses terjadinya download yang Anda lakukan.

Syarat yang paling penting Anda dapat mendownload adalah Anda harus terhubung dengan jaringan internet. Jika Anda sudah terhubung dengan jaringan internet selanjutnya yang Anda lakukan adalah membuka halaman web server dari data yang Anda inginkan.

Kemudian Anda akan mengarah pada halaman cloud storage. Proses download akan berjalan seiring dengan jaringan internet yang Anda gunakan. Semakin cepat jaringan internet Anda maka proses download akan terjadi dengan cepat dan begitu pula sebaliknya.

Selain dengan link download yang ada di web server Anda juga dapat mendownload suatu dokumen  dengan memanfaatkan aplikasi downloader.

Beberapa Software Downloader yang Populer

Ada beberapa software downloader yang dapat Anda gunakan untuk mendownload data maupun dokumen yang ada di internet. Software ini akan mempermudah Anda dalam mendownload suatu dokumen. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mendownload dokumen yang Anda inginkan.

1. Internet Download Manager

Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan IDM adalah software downloader yang paling populer dan terbukti dapat menstabilkan proses download yang Anda lakukan. Selain itu IDM sangat populer karena dapat mendownload video di Youtube dengan mudah.

2. BitTorrent

Aplikasi downloader yang selanjutnya adalah BitTorrent. BitTorrent adalah aplikasi downloader yang khusus untuk mendownload file dengan ekstensi torrent. BitTorrent memiliki kelebihan yaitu lebih aman dibandingkan dengan software downloader yang lainnya.

BitTorrent akan menjamin data yang Anda download tidak mengalami kerusakan saat proses download berlangsung. Proses download aplikasi terbilang lebih lama dibandingkan software yang lain.

3. Orbit Downloader

Cara kerja dari software ini sangat mirip dengan IDM. Namun software ini lebih stabil dibandingkan IDM. Selain itu software ini dapat didownload dengan gratis.

4. Download Direct Manager

Software download yang satu ini memiliki kelebihan dapat mendownload file dengan sangat cepat. Bahkan kecepatannya dapat ditingkatkan hingga 500% lebih cepat dari aplikasi download yang biasa.

5. Download Accelerator Plus

Software downloader yang satu ini termasuk yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Hal ini karena software ini memiliki kestabilan dan kecepatan download yang sangat cepat namun tidak akan melebihi bandwidth Anda. Software ini tersedia secara gratis dan premium.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *