Pengertian Domain dan Fungsi Domain dalam Jaringan Internet

  • Whatsapp
Pengertian Domain dan Fungsi Domain dalam Jaringan Internet
Pengertian Domain dan Fungsi Domain dalam Jaringan Internet

Domain merupakan salah satu kata yang sudah cukup familiar didengar oleh banyak orang. Tetapi, terdapat pula orang yang masih belum mengetahui istilah domain meskipun setiap hari mengakses internet. Namun nyatanya masih banyak orang yang belum mengerti pengertian domain dan fungsi domain dalam jaringan internet.

Sebenarnya Apa Sih Domain Itu? 

Domain adalah sebuah nama yang digunakan agar mempermudah Anda untuk mengakses suatu server komputer seperti email dan web server. Biasanya nama domain ini sangat unik. Pendek dan mudah diingat sehingga Anda tidak akan mudah melupakan nama domain tersebut.

Domain ini juga sering dikenal dengan istilah alamat website, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi perbedaan antara domain dan alamat website karena keduanya sama. Nama domain juga merupakan sebuah kesatuan yang tidak boleh dipisahkan satu sama lainnya. Karena jika dipisah maka Anda tidak akan terdaftar atau terhubung kepada suatu website.

Misalnya, jika Anda membuat sebuah nama domain maka nama yang Anda buat tersebut tidak boleh terpisah (spasi) misalnya lalala .com tetapi harus lalala.com. Nama depan yang digunakan dalam domain pun biasanya merupakan nama website tersebut.

Fungsi Domain dalam Jaringan Internet

Adanya domain sangat mempermudah kegiatan Anda dalam mengakses internet. Selain itu domain juga memiliki berbagai fungsi lain seperti berikut ini.

  1. Jika Anda ingin mengunjungi suatu web tidak perlu lagi harus mengingat ip address server yang sangat panjang dan sulit diingat. Oleh karenanya dengan adanya domain akan mempermudah Anda dalam mengingat alamat website milik Anda atau yang ingin Anda kunjungi.
  2. Domain akan mempermudah Anda dalam mengetahui tujuan dan asal website tersebut. Contohnya .id yang merupakan tld domain untuk indonesia, .com merupakan tld untuk bisnis komersial dan .net yang merupakan identitas dari penyedia layanan jaringan.
  3. Domain digunakan sebagai sebuah brand dari suatu website yang menawarkan berbagai macam jasa.

Tujuan Penggunaan Domain

Adanya domain memang sangat mempermudah para pengguna internet terutama bagi Anda yang memiliki website atau sering menjelajah berbagai macam website. Namun tidak hanya mempermudah Anda dalam menjelajah internet saja, penggunaan domain juga memiliki berbagai macam tujuan bagi penggunanya. Berbagai tujuan tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Sebagai Identitas Suatu Website

Maksudnya dengan menggunakan nama domain tertentu dapat menjadi identitas dari sebuah website yang dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan nama domain tersebut dapat memiliki nilai pasar dan menjadi daya jual dari produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Memudahkan Anda dalam Mengetahui Jenis Website

Hal ini dapat Anda ketahui dari penggunaan domain yang dipakai oleh suatu website. Biasanya nama website dibedakan oleh penggunaan jenis domain yang dipakai. Seperti yang telah diketahui, terdapat beberapa jenis domain yang membedakan tujuan website tersebut dibuat.

Contohnya .biz yang digunakan untuk tujuan bisnis, .edu untuk tujuan edukasi, .org yang digunakan untuk tujuan keperluan organisasi dan masih banyak lainnya. Nah, kode domain ini biasa disebut dengan istilah Generic Top Level Domain  atau disebut juga gTLD. Akan tetapi, sebagian besar domain digunakan banyak orang dan sering dijumpai adalah .com.

3. Mengetahui Asal Negara Pembuat Website

Setiap negara memiliki kode domain khusus yang menjadi suatu identitas. Contoh domain tersebut adalah .id yang merupakan domain negara Indonesia dan .kr yang merupakan kode domain dari korea selatan. Untuk kode negara ini lebih sering dikenal dengan istilah Country Code Top Level Domain atau ccTLD.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *