Pengertian Desain Grafis dan Beberapa Keterampilan Dasar yang Ada di Dalamnya

  • Whatsapp
Pengertian dari Desain Grafis
Pengertian dari Desain Grafis

Desain grafis merupakan sebuah istilah yang belum banyak orang mengetahuinya. Hanya beberapa orang yang memang menekuni bidang desain grafislah yang mengetahui apa itu desain grafis secara lebih detail. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mengetahui desain grafis lebih dalam? Bagi Anda yang saat ini juga belum mengetahui apa itu desain grafis, maka Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian dari Desain Grafis

Desain grafis adalah seni berkomunikasi yang menggunakan beberapa elemen seperti tulisan, gambar, dan juga ruang dalam pembuatannya. Desain grafis sendiri masih tergolong ke dalam bagian komunikasi visual antar manusia.

Adapun istilah desain grafis yang pada umumnya terdiri dari dua kata dasar. Desain artinya rancangan. Grafis artinya aktivitas perancangan gambar atau hal lainnya yang dapat tampak di mata.

Keterampilan Dasar yang Ada Pada Desain Grafis

Seseorang yang menekuni pekerjaan desain grafis setidaknya bisa menguasai beberapa atau seluruh bagian dari keterampilan desain grafis itu sendiri. Beberapa keterampilan yang perlu dikuasai tersebut antara lain:

1. Seni Visual

Keterampilan yang ada pada desain grafis satu ini perlu diketahui dan dikuasai oleh seorang desainer grafis. Adapun beberapa bagian dari seni visual ini yang perlu diketahui adalah bidang digital imaging dan juga fotografi.

2. Tipografi

Merupakan salah satu keterampilan desain grafis yang tak kalah wajib untuk diketahui bagi seorang yang bekerja dalam dunia desain grafis. Adapun keterampilan mengenai tipografi ini meliputi keterampilan dalam mengolah huruf dan kata.

Pasalnya, dalam dunia tipografi sendiri seseorang akan berhubungan langsung dengan beragam pengaturan. Baik itu tracking, leading, kerning, ukuran dan juga jenis huruf.

3. Tata letak

Keterampilan lain yang tak kalah perlu untuk dikuasai oleh seseorang yang menekuni bidang desain grafis adalah tata letak. Keterampilan ini meliputi penguasaan dalam menyusun berbagai jenis elemen baik itu teks maupun gambar yang ada pada halaman grafis.

4. Desain Interaksi

Keterampilan yang satu ini perlu dikuasai juga oleh seorang desainer grafis. Hal ini tak lain karena produk-produk yang dibuat akan dipasarkan, disebarluaskan, bahkan digunakan oleh banyak orang. Maka dari itu, seorang desainer grafis dituntut untuk menghasilkan produk yang interaktif dan sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

Jenis-jenis dari Desain Grafis

Ada beberapa jenis desain grafis yang sampai saat ini cukup digunakan. Seperti:

1. Drafter

Merupakan sebuah tempat untuk merancang bangunan atau hal lain yang masih ada kaitannya dengan bidang arsitektur.

2. Editor

Adalah jenis desain grafis yang membuat sampul, banner, cover, poster, stiker, logo, hingga kartu nama.

3. Layouter

Jenis desain grafis yang satu ini berfungsi dalam membuat tatanan letak menjadi lebih mudah dan apik untuk dipandang.

4. Art director

Jenis ini berfungsi untuk membuat karya seni baik berupa hiasan maupun visual effect.

5. Fotografer

Merupakan salah satu jenis desain grafis yang digunakan untuk mengedit foto.

6. Animator

Seorang animator bekerja dalam bidang iklan, motion grafis dan juga film fantasi yang sering dibutuhkan.

7. Visualisator

Memiliki fungsi dalam memberikan gambaran sebuah produk baik itu dalam bentuk 3D ataupun real.

8. Video Editor

Salah satu jenis desain grafis yang satu ini berguna untuk mengedit video maupun photo. Bahkan Anda bisa juga merangkap fungsi keduanya sebagai video shooter.

9. Integrater designer

Jenis desain grafis yang satu ini memiliki fungsi dalam mengedit video maupun film. Anda bahkan bisa merangkap videonya menjadi video shooter sekaligus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *