Pengertian Desa Menurut Beberapa Ahli

  • Whatsapp

Apakah Anda tinggal di sebuah desa? Tahukah apa itu desa? Arti awalnya adalah tempat dimana seseorang lahir. Tapi seiring semakin pentingnya eksistensi desa maka pengertian lainpun bermunculan, mulai dari arti menurut undang-undang hingga pengertian desa menurut beberapa ahli yang mengkajinya. Berikut ini penjelasan seputar desa yang perlu diketahui.

Pengertian Desa

Desa adalah satu kesatuan berbentuk wilayah yang ditempai oleh beberapa keluarga dan memiliki sebuah sistem pengelolaan sendiri, biasanya dipimpin oleh kepala desa. Di Indonesia banyak nama lain dari desa seperti kampung di daerah Banten dan Jawa Barat, jorong di Sumatera Barat, banjar di Provinsi Bali dan dusun di Yogyakarta.

Arti lainnya adalah wilayah yang letaknya jauh dari kota dengan suasana yang masih terjaga alami, jumlah penduduknya terbatas dan biasanya profesi penduduknya adalah bertani, nelayan, atau berkebun.

Pengertian Desa Menurut Beberapa Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang apa itu desa, yaitu:

1. Sutardjo Kartohadikusumo

Bentuk kesatuan berbasis hukum yang jadi tempat menetap sejumlah masyarakat dan memiliki sistem pemerintahan independent.

2. Paul H. Landis

Segi Statistik adalaj kawasan dengan penduduk lebih sedikit dari 2.500 orang. Segi ekonomu adalah lingkungan dengan ketergantungan penduduk pada sektor pertanian. Segi sosial dan psikologi adalah lingkungan dengan hubungan penduduk yang sangat dekat dan bersifat informal.

3. Saniyanti Nurmuharimah

Kawasan yang ditempati sekelompok masyarakat dengan sistem pemerintahannya sendiri

4. R. Bintarto

Bentuk geografis yang muncul akibat unsur seprti politik, ekonomi, fisiografis sosial, serta kultural dengan hubungan erat dan memiliki pengaruh timbale balik dengan wilayah yang ada di sekitar desa tersebut.

5. W.S Thompson

Tempat menempatkan penduduk

6. S.D Misra

Kelompok hunian atau pertanian yang memiliki batasan tertentu dengan luas antara 50-1000 are.

7. Bambang Utoyo

Lokasi dari masyarakat yang sumber penghasilannya bertani untuk menghasilkan makanan.

8. P.J Bournen

Bentuk lawas atau kuno dari ribuan orang yang hidup bersama dan secara umum sudah saling mengenal satu sama lain. Kehidupan mereka bertumpu pada bidang perikanan, pertanian dan berbagai jenis usaha yang berhubungan erat dengan hukum alam. Disana terdapat hubungan keluarga.

9. D. Anderson

Tempat dengan penduduk minimal 2.500 orang.

10. Rifhi Siddiq

Kawasan dengan kepadatan penduduk tingkat rendah, sifat interaksi sosialnya homogeny, sumber penghasilan di sektor agraris dan dapat berinteraksi dengan daerah lain di sekitar kawasan tersebut.

Unsur Desa

Ada tiga unsur desa yaitu daerah artinya tanah yang dipakai baik yang bersifat produktif atau tidak, memiliki luas, batas dan lokasi jelas sebagai identitas geografis. Kemudian penduduk yang indikatornya adalah jumlah, padat atau tidak, bertambah atau tidak, mata pencahariannya apa, dan bagaimana penyebarannya. Dan pola hidup yang melingkupi pergaulan, hubungan antar individu, adat, dan norma.

Fungsi Desa

Beberapa fungsi desa adalah :

  • Bagian penting dalam pembangunan di kawasan kota
  • Sumber dari tenaga kerja di bidang pekerjaan kasar kota
  • Memasok kebutuhan kota atau disebut hinterland
  • Pemerintahan terkecil di Indonesia

Ciri Desa

  • Wilayah terbatas
  • Mata pencaharian penduduk turun temurun
  • Lambatnya perubahan sosial yang terjadi di sana, apalagi jika karakter masyarakatnya tertutup
  • Memiliki rasa tolong menolong yang tinggi.
  • Kehidupan beragama lebih kuat
  • Lebih mementingkan kebersamaan dibanding pribadi
  • Kreativitas terbatas tergantung rasa ingin tahu masyarakat
  • Pembagian kerja masyarakat tidak terlalu jelas akibat rasa kebersamaan yang kental.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *