Pengertian Denah dan Fungsinya

  • Whatsapp
Pengertian Denah dan Fungsinya
Pengertian Denah dan Fungsinya

Apabila sedang dalam perjalanan atau sedang bepergian, pemandu jalan akan sangat diperlukan jika kita belum pernah mengunjungi lokasi yang dituju. Pemandu jalan tersebut dapat berupa denah, yang akan memberi arahan menuju lokasi yang dituju. Tetapi apakah Anda tahu apa itu denah? Simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Denah

Denah adalah suatu gambaran dari lokasi, tempat atau bangunan yang tampak dari atas secara spesifik. Bentuknya menyerupai peta tetapi disajikan dalam bentuk yang lebih minimalis. Berbeda dengan peta yang dibuat dengan cakupan wilayah lebih luas, denah hanya menggambarkan letak dari sebuah lokasi atau area bangunan saja.

Dengan menggunakan denah, akan memudahkan kita dalam menemukan letak dari suatu tempat tanpa harus bertanya. Memang terdapat pepatah yang mengatakan “malu bertanya sesat di jalan” akan tetapi tidak semua orang nyaman saat dimintai bantuan. Maka dari itu setidaknya kita berusaha untuk tidak merepotkan orang lain terlebih dahulu.

Fungsi Denah

  1. Fungsi ruang

Maksud dari fungsi ruang adalah denah sebagai pemandu atau penunjuk letak dari setiap ruangan yang ada pada sebuah bangunan. Dengan adanya denah, seseorang akan dengan mudah mengetahui dan menemukan ruangan yang dituju dengan cepat.

  1. Susunan ruang

Hampir sama dengan fungsi ruang, fungsi susunan ruang juga berfungsi untuk memberi petunjuk kepada pengguna denah mengenai susunan atau tata letak dari sebuah bangunan.

  1. Sirkulasi ruang

Fungsi ini dimaksudkan untuk memberi gambaran kepada pengguna denah mengenai jalan masuk dan keluar dari sebuah bangunan. Selain itu juga pengguna dapat mencari jalan tercepat untuk menuju sisi bangunan tertentu.

  1. Dimensi ruang

Fungsi ini digunakan untuk mengetahui ukuran dari setiap ruang yang ada dalam suatu bangunan. Pengguna denah dapat dengan mengetahui besar kecilnya ruangan dari bangunan.

  1. Letak pintu dan bukaan

Dengan adanya denah, apabila seseorang tengah berada di dalam sebuah bangunan dan terjadi kecelakaan atau bencana maka akan memudahkan orang tersebut untuk mengevakuasi dirinya sendiri juga orang lain. Sebab dalam denah terdapat fungsi pintu dan bukaan untuk menemukan lokasi pintu masuk dan keluar bahkan jalan rahasia.

  1. Isi ruang

Fungsi ini berkaitan dengan berbagai furniture yang ada di dalam bangunan. Pengguna denah dapat mengetahui apa yang ada di dalam bangunan tersebut dan dimana letaknya dengan menggunakan denah.

Unsur-Unsur Denah

  • Judul denah

Denah yang dibuat harus memuat judul yang menunjukkan bangunan atau lokasi apa yang digambar.

  • Gambaran umum mengenai lokasi

Denah harus digambarkan secara detail dan umum yang mampu merepresentatifkan bangunan atau lokasi yang digambar. Hal ini dilakukan sebagaimana definisi dan fungsi dari denah, yaitu membuat pengguna atau pembaca denah paham.

  • Tanda arah Utara

Unsur denah yang tidak boleh ketinggalan adalah tanda arah Utara. Unsur tersebut wajib ada karena sebagai penentu pengguna denah akan pergi ke arah mana jika menuju ke suatu tempat dalam denah.

  • Petunjuk berupa nama

Unsur ini digunakan untuk menunjukkan nama barang atau tempat yang terdapat di dalam bangunan atau lokasi yang tergambar pada denah. Jadi denah tidak hanya berisi gambar saja tetapi juga petunjuknya. Hal ini bertujuan memudahkan pengguna denah dalam mengenali lokasi atau bangunan yang ada dalam denah di kehidupan yang nyata.

Jenis Denah

  1. Rencana sederhana

Jenis denah ini merupakan sebuah rencana yang dibuat praktis namun tidak diterbitkan secara resmi. Contoh dari jenis denah rencana sederhana adalah penyusunan tempat duduk mahasiswa, pembuatan ruang kelas, penataan furniture pada sebuah kantor, dan lain sebagainya.

  1. Desain kompleks

Untuk denah jenis ini umumnya cenderung ke dalam pembuatan suatu lokasi atau bangunan dengan struktur yang kompleks. Sebagai contoh adalah denah kawasan wisata Candi Borobudur, denah Kebun Raya Bogor, denah suatu tempat perbelanjaan atau mall, dan lain-lain. Dibuatnya denah desain kompleks berfungsi untuk memudahkan orang dalam mengakses suatu bangunan atau lokasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *