Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

  • Whatsapp

Ilmu demografi memiliki fokus terhadap penghitungan kependudukan dalam suatu wilayah tertentu dengan acuan kuantitatif, seperti angka kematian, kelahiran, jumlah penduduk dan lain sebagainya. Demografi ini memang cukup kurang dikenal, padahal ilmu ini tentu tidak kalah penting dengan cabang-cabang ilmu lainnya.

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Berbicara mengenai demografi dan pengertiannya, akan lebih tepat jika membahas pengertian yang diutarakan dari para ahli. Selain lebih akurat, pengertian dari para ahli juga sudah melewati berbagai kajian khusus sehingga terciptalah konsep yang mudah dimengerti. Dibawah ini adalah beberapa pengertian demografi dari para ahli:

1. Armansyah S. Pd., M.Si

Menurut Armansyah (2019), demografi adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas mengenai kependudukan secara kuantitatif (jumlah, struktur, ukuran dan komposisi penduduk). Armansyah juga menambahkan, secara garis besar, demografi dapat dikatakan ilmu yang mengkaji berbagai teknik penghitungan data dari suatu kependudukan.

2. Johan Susczmilch

Menurut Susczmilch (1976), demografi adalah hukum yang mengkaji perubahan terhadap umat manusia yang dapat dapat dilihat seperti kelahiran, pertumbuhan dan kematiannya

3. Haupt & Kane

Menurut Haupt & Kane (1991), demografi adalah ilmu yang membahas mengenai kematian, kelahiran dan mobilitas penduduk. Demografi juga meliputi seluruh studi ilmiah mengenai persebaran geografis, jumlah penduduk, komposisi penduduk dan lain sebagainya.

Faktor-faktor yang disebutkan diatas juga diperhatikan hingga mobilitasnya untuk melihat pergerakan atau perpindahan penduduk dari waktu ke waktu.

4. Donald J. Boque

Demografi adalah ilmu yang membahas         ilmu kependudukan dengan perubahannya dari masa ke masa secara statistik yang meliputi komposisi, distribusi dan jumlah penduduk itu sendiri. Demografi memiliki lima komposisi, yaitu kematian, kelahiran, migrasi, kematian mobilitas dari masyarakat sosial.

5. Hawthorn

Demografi adalah ilmu yang mempelajari tingkat perkembangan komponen utama, yaitu kematian, kelahiran dan perpindahan. Demografi juga memperhatikan perubahan dari ketiga komponen tersebut dan dampaknya terhadap penduduk.

Aspek Komponen Demografi

Demografi memiliki beberapa aspek komponen yang sudah disinggung dalam pengertian di atas. Berikut ini beberapa aspek komponen tersebut:

1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk yang dimaksud adalah penduduk perkapita yang berada dalam suatu wilayah dan dijadikan acuan perhitungan pendapatan perkapita wilayah tersebut.

2. Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk berdasarkan tingkat konsumsinya dibagi menjadi tiga. Yang pertama adalah tingkat usia produktif penduduk dalam suatu daerah (15-64 tahun). Dalam wilayah yang memiliki jumlah penduduk usia produktif tentu memiliki daya konsumsi yang lebih besar, namun hal ini juga diimbangi dengan jumlah pendapatan penduduk yang bekerja pun semakin besar.

Yang kedua adalah tingkat pendidikan. Semakin tinggi pendidikan penduduk, maka semakin tinggi pula tingkat konsumsinya. Dan yang terakhir adalah penduduk perkotaan, karena penduduk yang tinggal di kota cenderung lebih konsumtif dalam berbagai aspek.

3. Distribusi Penduduk

Distribusi penduduk ini dilihat dari aspek geografis tempat mereka tinggal sehingga mempengaruhi ekonomi, sosial politik hingga pola pemukimannya.

4. Faktor Non-Ekonomi

Yang terakhir adalah faktor yang tidak berkaitan dengan ekonomi, seperti pola makan gaya hidup dan lain sebagainya.

Tujuan Demografi

Berdasarkan berbagai pengertian demografi yang sudah dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa tujuan mempelajari demografis adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi acuan pembelajaran mengenai perubahan kependudukan serta dampaknya terhadap aspek kehidupan lainnya
  2. Catatan sebagai acuan untuk melihat perkembangan manusia (pertambahan atau pengurangan)
  3. Menjadi data jumlah penyebaran penduduk dari suatu wilayah atau negara tertentu
  4. Menjadi media untuk membuat langkah antisipasi jika terjadi lonjakan jumlah penduduk serta mengetahui dampak yang akan terjadi

Manfaat Demografi

Dengan mempelajari demografi, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu rencana pembangunan yang dilakukan pemerintah dengan melihat dan menganalisa perubahan komponen kependudukan masa lalu hingga saat ini sehingga didapatkan pembangunan yang tepat
  2. Menjadi acuan rencana pembangunan pemerintah terhadap berbagai bidang seperti pertanian, perkebunan dan lain-lain
  3. Menjadi data yang mengenai pertumbuhan ekonomi suatu wilayah berdasarkan jumlah penduduk yang bekerja, luas wilayah dan lapangan pekerjaan yang tersedia
  4. Sebagai catatan berupa data mengenai tingkat kesejahteraan dan harapan hidup penduduk dalam suatu wilayah tertentu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *