Pengertian CV Dilihat dari Dua Perspektif Perusahaan dan Pekerjaan

  • Whatsapp
Pengertian CV dalam Perusahaan
Pengertian CV dalam Perusahaan

Jika diminta untuk mendeskripsikan mengenai CV, apa yang akan Anda deskripsikan? Sebuah badan usaha atau sebuah data lamaran pekerjaan? Meski namanya sama, tapi maknanya berbeda. CV dalam dunia usaha atau perusahaan memiliki kepanjangan commanditaire vennootschap, sedangkan CV dalam dunia pekerjaan adalah singkatan dari curiculum vitae.

CV dalam dunia usaha dikenal sebagai persekutuan komanditer, sedangkan CV dalam dunia pekerjaan lebih dikenal sebagai kemampuan atau daftar riwayat keahlian. Baik dalam dunia usaha maupun dunia pekerjaan, CV memiliki peran penting dalam masing-masing tempatnya. Pengertian CV dilihat dari dua perspektif perusahaan dan pekerjaan bisa kamu ketahui ulasannya di bawah ini.

Pengertian CV dalam Perusahaan

CV atau persekutuan komanditer adalah suatu perusahaan yang dibangun oleh satu atau beberapa orang dengan rasa tanggung jawab dan kerja sama. Satu orang atau lebih tersebut adalah mitra diam. Perusahaan CV yang diurus oleh sekutu komplementer dan sekutu lainnya seperti mitra diam, tidak memiliki hak untuk menjalankan aktivitas yang berhubungan dengan perusahaan.

Perusahaan CV tidak memiliki badan hukum. Pendirian sebuah perusaan CV menggunakan akta yang harus terdaftar. Beberapa keuntungan dari pendirian perusahaan CV adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki Kemampuan Manajemen yang Baik

Dengan membangun perusahaan CV, menjadikan perusahaan tersebut memiliki manajemen yang baik karena dipikirkan bersama-sama dengan matang.

  1. Mudah Mendapatkan Modal

Salah satu keuntungan lainnya adalah mudah dalam mendapatkan modal. Pasalnya, bank akan lebih percaya dengan bentuk usaha CV.

  1. Mudah Menerima Suntikan Modal

CV didirikan oleh beberapa orang, maka tentu akan mudah untuk menerima suntikan modal. Hal ini karena jaringan yang dimiliki akan semakin luas dan bertambah. Selain itu badan usaha kemitraan ini tergolong populer di Indonesia, sehingga mudah untuk mendapatkan dana.

  1. Mengembangkan dan Mengelola dengan Baik

Dibangunnya sebuah CV akan memiliki keuntungan, yaitu memberi kemudahan dalam mengembangkan dan mengelola perusahaan dengan baik. Hal ini karena perusahaan ditempati oleh orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman terhadap sekutu lainnya. Tentu orang-orang ahli tersebut juga sudah dipercaya.

  1. Resiko Ditanggung Bersama

Keuntungan lainnya jika Anda membangun CV, Anda tidak perlu pusing dan khawatir sendirian. Pasalnya, risiko dalam perusahaan tersebut akan ditanggung bersama-sama.

Beberapa kekurangan yang bisa Anda dapatkan jika membangun CV antara lain sebagai berikut.

  1. Anggota Aktif Memiliki Tanggung Jawab yang Tidak Terbatas

Jika Anda adalah mitra diam maka Anda tidak memiliki hak dalam proses menjalankan perusahaan. Sebaliknya, jika Anda anggota aktif maka Anda memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas. Anda bisa melakukan apa saja untuk perusahaan tersebut.

  1. Dana yang Sudah Ditanam Sulit untuk Ditarik

Mudah dalam mendapatkan dana atau suntikan modal, bukan berati mudah dalam penarikannya. Justru, dana yang sudah ditanam akan sulit untuk ditarik.

  1. Sering Mengalami Konflik

Sering terjadi konflik antara mitra bisnis lainnya tentu adalah hal yang biasa. Hal ini karena manusia selalu ingin berkuasa dan mendapat keuntungan yang besar, sedangkan CV terdiri dari beberapa orang.

Pengertian CV dalam Pekerjaan

CV dalam dunia pekerjaan adalah sebuah data yang menjelaskan tentang informasi seseorang dan keahlian yang dimiliki oleh seseorang. Biasanya daftar riwayat hidup atau CV akan dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran pekerjaan. Ada dua manfaat CV bagi perusahaan dan pelamar.

  1. Manfaat CV bagi perusahaan adalah memberikan kemudahan dalam mengevaluasi kemampuan bakat pelamar yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  2. Manfaat CV bagi pelamar adalah mendeskripsikan mengenai kemampuan atau keahlian yang dimiliki sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *