Pengertian Cuaca dan Unsur-unsur yang Mempengaruhinya

  • Whatsapp
Pengertian Cuaca dan Unsur-unsur yang Mempengaruhinya
Pengertian Cuaca dan Unsur-unsur yang Mempengaruhinya

Saat ini cuaca sedang tidak menentu, kadang hujan deras lalu tiba-tiba panas terik. Perbedaan cuaca di berbagai wilayah pun sangat mencolok. Misalnya di kota A sedang hujan deras, namun di kota B yang jaraknya hanya 3 km sedang panas terik. Cuaca memang hanya memengaruhi suatu daerah yang sempit. Lain halnya dengan iklim yang memengaruhi wilayah luas.

Pengertian Cuaca

Cuaca adalah kondisi udara dalam jangka waktu cukup singkat yang terjadi di cakupan area yang tidak terlalu luas. Cuaca juga dapat diartikan sebagai kondisi udara rata-rata yang terjadi setiap hari di suatu wilayah yang terbatas dengan durasi yang tidak lama. Perubahan cuaca dapat terjadi kapan saja. Misalnya kota Bandung pada pukul 07.00 cuacanya cerah berawan, lalu pukul 10.00 menjadi hujan.

Unsur-unsur Cuaca

Cuaca pada suatu wilayah tertentu sangat mudah berubah karena pengaruh dari beberapa faktor atau unsur. Faktor atau undur cuaca yang dimaksud antara lain temperatur udara, tekanan udara, kelembapan udara, kecepatan angin, dan curah hujan.

  1. Temperatur udara

Temperatur udara adalah derajat panas atau dinginnya udara yang ada di wilayah tertentu. Suhu udara sangat dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini:

  • Durasi suatu wilayah mendapatkan sinar matahari secara langsung. Semakin lama mendapatkan sinar matahari, akan semakin hangat temperatur udaranya.
  • Ketinggian sebuah wilayah dihitung dari permukaan laut. Umumnya semakin tinggi sebuah wilayah, temperatur udara di sana akan semakin dingin.
  • Sedikit atau banyaknya awan yang menutupi suatu wilayah
  • Jumlah vegetasi
  • Posisi kemiringan bumi terhadap matahari.

Temperatur udara umumnya dinyatakan dengan satuan Celcius atau Fahrenheit. Termometer digunakan untuk mengukur dan mengetahui tinggi atau rendahnya temperatur udara pada saat itu.

  1. Tekanan Udara

Tekanan udara adalah energi yang dihasilkan oleh partikel udara yang bergerak dan melakukan tekanan sejajar dengan arah gaya gravitasi bumi. Tekanan udara di suatu wilayah dapat berubah-ubah dengan waktu yang relatif singkat. Adanya perbedaan tekanan udara antara satu tempat dengan tempat lain menimbulkan angin.

Barometer digunakan untuk mengukur besarnya tekanan udara. Sedangkan satuan untuk menyatakan besaran tekanan udara yaitu milibar atau bar.

  1. Kelembapan Udara

Kelembapan udara adalah tinggi atau rendahnya kandungan uap air pada udara di suatu wilayah tertentu. Uap air berasal dari sumber-sumber air yang terpapar sinar matahari dan dari proses fotosintesis tanaman hijau.

Kelembapan udara dinyatakan dengan satuan persen. Alat yang dipakai untuk mengetahui kelembapan udara yaitu higrometer.

  1. Kecepatan Angin

Angin adalah gelombang udara yang tercipta karena adanya perbedaan terkanan udara antara satu tempat dengan tempat lain. Angin mengalir dari wilayah yang memiliki tekanan udara tinggi ke wilayah yang memiliki tekanan udara rendah.

Satuan untuk menyatakan kecepatan angin yaitu kilometer per jam atau km/j. Angin juga mempunyai arah. Alat yang digunakan untuk mengetahui kecepatan angin dan arahnya sekaligus disebut sebagai Anemometer.

  1. Curah Hujan

Hujan adalah proses turunnya air ke permukaan yang dihasilkan dari awan yang mencair. Sedangkan curah hujan adalah tinggi atau rendahnya intensitas turunnya hujan yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Umumnya, curah hujan dinyatakan dengan satuan milimeter. Untuk mengukur curah hujan digunakan alat penakar hujan atau ombrometer.

Jenis-jenis Cuaca

Berikut ini beberapa jenis cuaca yang ada di Indonesia.

  1. Cuaca Cerah

Cuaca cerah adalah keadaan ketika matahari bersinar terang, kelembapan udara sedang, dan awan-awan tidak tampak.

  1. Cuaca Panas

Cuaca panas adalah keadaan ketika matahari bersinar terang dan kelembapan udara rendah. Umumnya terjadi di musim kemarau.

  1. Cuaca Berawan atau Mendung

Cuaca mendung adalah keadaan di mana terdapat banyak awan di langit sehingga sinar matahari tidak masuk ke bumi secara maksimal.

  1. Cuaca Dingin

Cuaca sejuk adalah ketika kelembapan udara tinggi, temperatur udara rendah, dan angin bertiup kencang.

  1. Cuaca Hujan

Cuaca hujan adalah ketika terjadi ketika butiran air dari awan yang mencair jatuh ke bumi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *