Pengertian Bursa Efek dan 3 Pelaku Tradingnya

  • Whatsapp
Pengertian Bursa Efek

Bagi para aktivis di dunia ekonomi pasti tidak asing dengan nama bursa efek. Namun, bagi Anda yang masih baru pertama atau baru aktif di dunia ekonomi pasti harus kenal dengan bursa efek ini. Banyak aktivis ekonomi yang menggunakan bursa efek sebagai penghasilan utama bahkan yang mempertahankan aktivitas tersebut untuk kehidupan sehari-hari.

Bursa efek berhubungan dengan saham dan pasarnya atau transaksi jual beli saham dan tidak terlepas dari 3 pelaku tradingnya.

Pengertian Mengenai Bursa Efek

Bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan juga menyediakan sistem jual beli berupa sarana atau prasarana untuk perdagangan efek atau saham bagi para pelaku yang aktif bergerak di bidang perdagangan saham.

Bursa efek bisa juga diartikan sebagai tempat jual beli saham karena ada beberapa pelaku perdangangan bursa efek yang ingin menjual dan membeli saham yang diinginkan. Penjualannya dilakukan seperti di pasar. Pada umumnya ada penjual atau perantara dan pembeli. Bahkan pembeli pun dapat diwakilkan. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu mengetahui pelaku trading bursa efek.

3 Pelaku Trading Bursa Efek

Ada 3 jenis pelaku trading yang melakukan transaksi perdagangan saham di bursa efek, yaitu sebagai berikut.

1. Pialang Saham (Pewakil Transaksi Klien)

Pialang saham sebagai jenis pertama pelaku trading bursa efek ini disebut juga sebagai pewakil transaksi untuk klien. Pialang saham menyediakan jasa untuk melayani klien yang memiliki banyak modal namun tidak memiliki banyak waktu atau bahkan tidak bisa untuk melakukan transaksi di bursa efek tersebut.

Pialang saham yang membantu investor akan diberikan komisi sesuai dengan kesepakatan antara pialang saham dan klien atau pembeli saham di awal perjanjian sebelum adanya transaksi perdagangan saham.

2. Self Trader

Self trader adalah pelaku trading yang melakukan perdagangan saham untuk diri sendiri dan tidak diwakilkan oleh siapapun. Saat melakukan transaksi secara mandiri Anda tidak perlu membayarkan komisi ke pialang sehingga keuntungan yang didapatkan lebih besar yaitu dari selisih penjualan dengan pembelian saham miliknya sendiri.

Namun, untuk menjadi self trader Anda harus memiliki ilmu bermain trading karena nasib Anda akan di adu di sana. Selain itu, waktu yang harus Anda dedikasikan juga tidak sedikit. Jadi, Anda harus mempersiapkan semuanya secara matang dan tepat.

3. Pewakil Transaksi Anggota Lain

Sebenarnya perannya hampir sama dengan pialang. Namun, yang membedakan adalah melakukan transaksi perdagangan saham untuk trader yang lain dan bukan untuk kliennya. Namun, secara sistem kerjanya hampir sama dengan pialang yaitu membeli saham dan menerima imbalan berupa komisi untuk jasa yang diberikannya.

Hal yang Harus Disiapkan untuk Trading Saham

Beberapa hal harus Anda siapkan agar investasi pada saham berhasil, yaitu sebagai berikut.

  1. Anda harus membekali diri dengan ilmu investasi khususnya trading saham. Berkaitan dengan cara kerja dan jenis produk yang sedang Anda beli itu sangat penting untuk diketahui.
  2. Gunakan fasilitas yang Anda miliki seperti laptop untuk memantau perkembangan chart trading dan gunakan laptop dengan kecepatan yang cepat untuk melaksanakan trading Anda.
  3. Pelajarilah formula yang terdapat pada trading dengan kemungkinan kebenaran yang paling tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Carilah teman atau trainer berpengalaman trading cukup lama yang dapat membantu Anda untuk mempelajari bermain trading yang benar dan menguntungkan.
  5. Kenali para pelaku trading, apabila Anda kesulitan maka Anda bisa belajar juga dari pialang yang terpercaya untuk memulai trading Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *