Pengertian Browser dan Contoh Browser

  • Whatsapp

Internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tanpa disadari, banyak dari kegiatan Anda tercipta dan tergantung pada internet. Salah satu produk yang muncul dari adanya internet adalah browser.

Browser merupakan kata yang cukup sering Anda dengar terutama oleh para pengguna internet. Selain itu, browser merupakan salah satu perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui pengertian browser dan beberapa contoh browser populer meskipun setiap hari menggunakannya.

Pengertian Browser

Browser adalah salah satu jenis perangkat lunak yang berfungsi untuk membuka halaman website di internet. Browser atau sering disebut juga peramban web atau web browser oleh sebagian orang.

Awalnya, browser hanya mampu menampilkan teks saja, namun seiring semakin berkembangnya teknologi membuat browser mampu menampilkan berbagai macam media seperti gambar, lagu dan video.

Beberapa Contoh Browser Populer

Saat ini terdapat beberapa macam browser yang banyak banyak digunakan oleh semua orang. Setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kemudahan dan keefektifan dalam menggunakan browser tentunya menjadi faktor utama banyak orang yang menggunakan browser tersebut.

1. Google Chrome

Browser ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 dan langsung mendapatkan perhatian publik. Terlihat dari namanya, browser ini dikembangkan oleh google. Awalnya google chrome hanya dapat digunakan untuk microsoft windows saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, google chrome dapat digunakan oleh semua sistem operasi.

Kelebihan browser ini dibandingkan yang lain adalah memiliki desain yang simpel dan praktis sehingga membuat tampilannya lebih luas. Keunggulan lainnya yakni memiliki kemampuan loading yang relatif lebih cepat dibandingkan browser lain.

Selain itu, google chrome juga telah terintegrasi dengan google translate sehingga akan memudahkan Anda untuk menerjemahkan isi halaman yang sedang dibuka.

2. Mozilla Firefox

Mozilla firefox atau yang bernama asli phoenix merupakan salah satu browser paling populer saat ini. Awalnya mozilla ini dibuat dan dikembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan yang membantu. Browser ini merupakan salah satu browser lintas platform yang dapat Anda gunakan dengan gratis.

Hal ini lah yang semakin membuat mozilla populer dan digunakan oleh banyak orang. Selain itu, tampilan mozilla yang ringkas serta user friendly membuat para penggunanya merasa nyaman.

Ditambah dengan keamanan browser yang baik dapat melindungi data Anda ketika menggunakan browser ini, serta ukuran aplikasinya yang relatif kecil. Maka tidak heran jika mozilla firefox memiliki belasan juta pengguna saat ini.

3. Internet Explorer

Internet explorer Merupakan salah satu browser yang telah ada sejak tahun 1995 dan awalnya merupakan produk dari microsoft. Saat awal dirilis, internet explorer bernama microsoft internet explorer, disingkat ie atau msie. Namun seiring berjalannya waktu browser ini lebih dikenal dengan internet explorer.

Kelebihan browser ini dibandingkan dengan browser lain adalah dapat tersambung dengan windows live. Browser ini pun juga dapat Anda pasangkan dengan google chrome frame dan akan membuat performa internet explore akan lebih cepat.

4. Opera

Browser populer terakhir adalah opera. Browser ini diluncurkan satu tahun setelah internet explorer yakni pada tahun 1996. Sama seperti google chrome, awalnya opera hanya dapat digunakan pada operasi microsoft windows saja. Namun lama kelamaan browser ini dapat digunakan untuk berbagai macam platform.

Kelebihan browser ini adalah memiliki ukuran aplikasi yang kecil serta performanya yang cepat. Selain itu, dengan menggunakan opera Anda dapat membuka halaman web yang dikhususkan untuk ponsel.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *