Pengertian Brainware Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Brainware
Brainware

Untuk sebagian orang yang tidak berkecimpung di dunia IT tentu sangat asing ketika mendengar istilah Brainware. Karena memang istilah ini sangat erat kaitannya dengan dunia IT atau komputer. Bagi Anda yang masih bingung, mari kita simak pengertian brainware menurut para ahli ataupun secara umum agar menambah informasi dan referensi Anda tentunya.

Pengertian Brainware

Brainware adalah manusia atau seseorang yang memegang kendali atau mengendalikan komputer. Jadi setiap orang yang sedang menjalankan atau mengoperasikan komputer, itu disebut sebagai brainware. Secara pengertian luas, ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa disebut sebagai brainware, karena jika ada robot atau apapun yang bisa mengoperasikan computer, itu bisa disebut juga dengan brainware.

Pengertian Menurut Para Ahli

1. Azhar Susanto

Menurutnya, brainware adalah seseorang yang bisa mengatur, menciptakan serta mampu menjalankan sebuah sistem informasi.

2. Edi Purwono

Selanjutnya menurut Edi Purwono, brainware adalah seorang profesional atau ahli yang terjun secara langsung perihal urusan pengelolaan sistem informasi.

Meski memiliki arti yang hampir sama, namun secara garis besar brainware adalah seseorang yang berkecimpung di dunia IT atau komputer.

Bagian-Bagian yang Disebut Brainware Di Perusahaan

Selain menurut para ahli, perusahaan juga memiliki bagian-bagian tertentu yang harus ada di setiap perusahaan, di antaranya.

1. Operator

Salah satu yang bisa disebut sebagai brainware adalah seorang operator, operator bisa dikatakan sebagai brainware karena biasanya seorang operator akan berhadapan dan mengerjakan langsung tugas-tuganya menggunakan komputer. Tugasnya pelayan karyawan perusahaan maupun pelayan masyarakat umum, tugasnya sangat terbatas karena hanya menjalankan sesuai yang diperintahkan.

2. Progammer

Progammer juga disebut sebagai brainware, karena setiap pekerjaannya pasti berhubungan dengan komputer, progammer adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang IT, atau bisa dikatakan seorang profesional, terutama di bagian software. Bukan hanya itu, programmer masih di bagi menjadi dua bagian yaitu frontend dan backend.

Tugasnya pun berbeda, programmer bagian frontend memiliki tugas untuk mendesain bagian depan suatu program, biasanya di bagian depan yang bisa pengunjung lihat contoh website. Sedangkan backend bertugas untuk membuat program bagian belakang, biasanya program bagian belakang di operasikan oleh seorang admin.

3. Administrator

Ketiga yaitu administrator atau biasa disebut admin, admin ini memiliki tugas untuk menjaga sistem yang telah disediakan oleh programmer, selain menjaga, admin juga punya kewenangan untuk menambah atau mengurangi bagian yang terdapat pada program tersebut. Tetapi jika terdapat kesalahan di dalam sistem, itu merupakan tanggung jawab seorang programmer.

4. Sistem Analis

Selanjutnya ada sistem analis, brainware ini bertugas sebagai perancang ketika akan membuat satu server baru, atau ketika ingin merancang sistem informasi baru. Seorang sistem analis haru mampu membaca data-data program, karena jika salah membaca data maka analisisnya tidak akurat, dan bisa berdampak besar pada hasil rancangannya.

Oleh sebab itu kemampuan analisis data dan membaca data secara akurat harus dimiliki oleh seorang analisis sistem, karena jika salah menganalisa maka akan berakibat pada kesalahan pembuatan program.

5. Desain Grafis

Terakhir desain grafis, seorang desain grafis bertugas untuk membuat berbagai macam desain yang menarik untuk audien. Seorang desain grafis harus bisa mengoperasikan software-software yang berhubungan dengan desain, misalnya Photoshop, Coreldraw, Adobe Illustrator dan masih banyak lagi. Biasanya desain grafis menjadi kunci agar bisa membuat audien tertarik melalui desain uniknya.

Sebenarnya masih banyak bagian-bagian yang bisa disebut sebagai brainware di sebuah perusahaan, namun lima poin di atas merupakan bagian secara umum yang biasanya Anda temui di dalam suatu perusahaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *