Pengertian Blog dan Berbagai Macam Blog

  • Whatsapp

Interaksi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia selalu hidup berdampingan baik dengan manusia yang lain maupun dengan alam. Interaksi tersebut terjadi secara terus-menerus dalam waktu yang sangat lama. Mereka melakukan berbagai interaksi dengan tujuan agar kebutuhan hidupnya menjadi terpenuhi.

Interaksi yang terjadi sesama manusia seringkali berupa pertukaran informasi. Pertukaran informasi tersebut menjadi bagian yang penting bagi perkembangan manusia ke depannya. Karena, dengan adanya pertukaran informasi, maka pengetahuan mereka akan terus bertambah dan terus berkembang. Terdapat beberapa media yang digunakan untuk bertukar informasi, salah satunya adalah blog.

Pengertian Blog

Pengertian blog adalah, sebuah aplikasi atau halaman web yang berisi tulisan yang dimuat dalam sebuah halaman dalam situs web. Anda dapat menuliskan berbagai jenis tulisan yang diinginkan ke dalam sebuah blog. Sehingga, setiap orang bisa menyalurkan isi pikirannya menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat.

Menulis pada sebuah halaman blog juga merupakan sesuatu yang sangat menjanjikan. Karena, peluang penghasilan yang diperoleh juga akan sangat besar. Namun, usaha yang sangat keras dan pantang mundur sangat diperlukan untuk membuat sebuah blog yang baik. Sehingga, pengunjung dari halaman blog akan menjadi semakin ramai dan pendapatan juga kemungkinan meningkat.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah, sebuah perkumpulan yang beranggotakan para praktisi blogger berdasarkan kesamaan tertentu yang dimilikinya. Kesamaan yang menjadi salah satu lAndasan pendirian sebuah komunitas bisa berupa asal daerah, asal kampus, kesamaan tema tulisan, dan masih banyak lagi lainnya.

Komunitas Blogger memang dibuat untuk menjadi wadah para blogger. Namun, terdapat beberapa kegiatan yang bertemakan rekreasi. Tujuan dari rekreasi tersebut adalah, agar terbentuknya rasa tali persaudaraan yang semakin kuat.

Jenis–Jenis Blog

Seperti yang sudah Anda ketahui, blog  sering digunakan sebagai ajang untuk menuliskan opini. Opini yang dituliskan dalam sebuah blog seringkali disertakan beberapa fakta. Namun, tidak semua orang yang menulis blog mendapatkan informasi dari tempat yang baik. Sehingga, terkadang isi materi dari sebuah blog kurang bisa dipertanggungjawabkan.

Terdapat beberapa jenis blog yang sering digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis blog tersebut.

1. Personal Blog

Personal blog memiliki fungsi yang serupa dengan sebuah diari. Jenis blog yang satu ini, seringkali hanya dibuat sendiri tanpa bantuan orang lain. Anda dapat memasukkan pengalaman yang pernah dilalui ke dalam blog. Sehingga, orang lain yang membaca catatan Anda bisa belajar untuk hidup yang lebih baik.

2. Corporate Blog

Corporate blog adalah, salah satu jenis blog yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut akan menuliskan deskripsi tentang perusahaannya. Sehingga, para pembaca dapat memahami seluk beluk dan karakteristik perusahaan.

Desain dari corporate blog seringkali sangat elegan. Desain dan konten yang ada di dalam blog sangat merepresentasikan karakteristik perusahaan. Sehingga, Anda akan betah berlama-lama memperhatikan isi di dalam blog.

3. Project/Product Blog

Project/Product Blog adalah, salah satu jenis blog yang dibuat untuk mendongkrak popularitas dari sebuah produk maupun proyek. Blog jenis ini seringkali berisi tentang perkembangan produk dari waktu ke waktu. Keberadaan blog jenis ini sangat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, untuk membuat usaha mereka semakin berkembang.

4. Niche Blog

Niche Blog adalah sebuah blog yang berisi tentang topik spesifik. Topik yang diangkat merupakan topik yang sedang populer. Sehingga, traffic pembaca dalam blog tersebut akan meningkat tajam. Sehingga, sang pembuat blog bisa memeroleh banyak pundi-pundi rupiah dari berbagai informasi yang ia bagikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *