Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Pakar Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Pakar Ahli

Bimbingan konseling identik dengan para siswa yang sedang berada di bangku sekolah. Bimbingan konseling atau yang biasa disebut BK ini sering menjadi tempat anak-anak bermasalah. Padahal BK tidak hanya berfungsi untuk mengatasi siswa yang bermasalah saja, melainkan dapat digunakan sebagai tempat untuk memperoleh solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi.

Sering kali BK dijadikan sebagai kontrol bagi para siswa agar dapat mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh sekolah. Sehingga siswa hanya sedikit yang mengerti tentang BK itu sendiri. Perkenalan terhadap bimbingan konseling pada dasarnya harus dilakukan dengan bertahap dengan melalui penjelasan berupa pengertian. Oleh karena itu pengertian bimbingan konseling akan dijelaskan di bawah ini.

Read More

10 Pengertian Bimbingan Konseling menurut Ahli

Setiap individu dapat mengartikan bimbingan konseling sesuai dengan perspektifnya. Oleh karena itu setiap ahli juga memiliki definisi yang berbeda dalam mengartikan bimbingan konseling. Artikel ini telah memilih 10 pakar ahli terkemuka yang menjabarkan pengertian bimbingan konseling di bawah ini.

1. Crow

Crow mendefinisikan bimbingan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu tanpa terkecuali untuk mengembangkan pandangan hidup, mengatur kegiatan hidup, dan menanggung beban, dan mengatur kegiatan hidupnya sendiri. Bantuan ini diberikan oleh seseorang yang memiliki kepribadian bagus yang telah terlatih dalam menjalankan bimbingan.

2. Mathewson

Definisi bimbingan konseling menurut Mathewson adalah proses pengembangan dan pendidikan yang menekankan pada proses belajar mengajar yang dilakukan secara sistematik. Dalam hal ini proses belajar yang dilakukan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara terus menerus.

3. Frank Parson

Pengertian bimbingan konseling menurut Frank Parson adalah bantuan yang diberikan kepada individu agar dapat mempersiapkan diri, memilih, dan menjalankan jabatan yang diperoleh dari perkembangan individu tersebut.

4. Chiskolm

Chiskolm mengartikan bimbingan konseling sebagai alat bantu individu agar dapat memperoleh informasi atas dirinya sendiri. Dalam hal ini individu dapat memahami dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Sehingga individu dapat meningkatkan kualitas dan perekonomian hidupnya sendiri melalui pengembangan potensi yang dilakukan.

5. Wilis

Definisi bimbingan konseling menurut Wilis adalah proses dialog yang dilakukan dengan orang lain berhubungan dengan penyelesaian masalah dirinya sendiri. Ketika sudah memahami diri dan dunianya, individu tersebut akan dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya sendiri.

6. Bernard & Fullmer

Definisi bimbingan konseling menurut Bernard & Fullmer adalah semua kegiatan yang sengaja diproses untuk meningkatkan realisasi pribadi setiap orang. Pada dasarnya setiap orang memiliki impia dan tujuan tertentu. Dalam proses bimbingan konseling ini seorang individu dapat memperoleh jalan yang tepat untuk mewujudkannya.

7. Jainab Aqib

Pengertian bimbingan konseling menurut Jainal Aqib adalah bentuk kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dengan jenis bimbingan yang lainnya. Sehingga bimbingan konseling yang dilakukan berkesinambungan dengan proses bantuan atau bimbingan yang lain.

8. Prayitno

Prayitno mengatakan bahwa bimbingan konseling adalah salah satu bentuk pelayanan yang dikhususkan oleh peserta didik baik secara kelompok maupun perseorangan. Dalam hal ini bimbingan konseling bertujuan untuk mengembangkan peserta didik agar dapat berperilaku dengan baik dan dapat menjadi peserta didik yang mandiri.

9. Jones

Jones mendefinisikan bimbingan konseling sebagai pengumpulan fakta dan pengalaman yang diperoleh dari siswa dalam suatu tema tertentu. Permasalahan ini nantinya akan diatasi sendiri melalui pemecahan masalah berdasarkan pengalaman siswa yang memiliki permasalahan yang sama.

10. Nur Faudjia

Pengertian bimbingan konseling menurut Nur Faudjia adalah proses pemberian bantuan terhadap siswa dengan cara memperoleh data melalui kegiatan wawancara. Dalam hal ini bantuan yang diberikan oleh konselor berlangsung melalui perencanaan yang secara langsung untuk masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *