Pengertian Atom dan Komponen-komponen Atom

  • Whatsapp
Pengertian Atom
Pengertian Atom

Siapa sangka jika semua benda yang ada dunia terdiri dari atom-atom yang membentuk satu kesatuan utuh. Baik itu pohon, hewan, air, hingga manusia atau berbagai jenis benda yang lainnya. Semua ini tersusun atas partikel-partikel atom. Lantas, apa sebenarnya pengertian atom itu sendiri? Apakah ada komponen-komponen tertentu yang terdapat dalam atom?

Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Pengertian Atom

Atom adalah kesatuan dasar materi yang meliputi inti atom dengan awan elektron yang dikelilingi oleh muatan negatif. Pada inti atom sendiri terbentuk dari elemen neutron yang bermuatan netral dan proton dengan muatan positif. Jika ditinjau dari bahasa asalnya, maka istilah atom terdiri dari satu kata. Adapun kata atom dari bahasa Yunani yang artinya telah tidak bisa dibelah, dibagi, atau dipotong lagi.

Komponen-komponen Penyusun Atom

Hasil dari penelitian mendapati bahwa atom tersusun atas tiga komponen dasar. Masing-masing tersebut adalah komponen awan elektron, komponen inti atom, dan komponen subatom. Berikut penjelasan lengkap mengenai ketiga penyusun atom tersebut:

1. Komponen Awan Elektron

Komponen yang ada pada atom ini memiliki jenis muatan negatif. Pada umumnya, komponen awan elektron terletak pada luar atom dengan bentuknya yang mengelilingi neutron dan proton yang ada pada inti atom. Elekron yang ada pada bagian luar dari atom ini sendiri dipengaruhi oleh suatu hal. Yakni sebuah gaya tarik-menarik yang bisa terjadi antara inti atom muatan positif dengan awan bermuatan negatif.

2. Komponen Inti Atom

Komponen ini merupakan komponen utama atau komponen pusat atom. Umumnya komponen inti ini berupa komponen neutron serta komponen proton yang masing-masingnya terikat secara bersamaan pada pusat atom yang ada. Komponen elektron sendiri adalah komponen atom yang memiliki muatan netral sedangkan komponen proton merupakan komponen atom positif.

3. Partikel Sub Atom

Sampai saat ini, atom disebut sebagai satuan terkecil dari alam semesta. Namun beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa atom juga terdiri dari partikel-partikel sub atom. Pada partikel, sub atom tersebut juga terdapat beberapa bagian yakni partikel awan elektron dan partikel inti atom.

Pada partikel awan elektron terdiri atas sub atom yang memiliki muatan elektron atau negatif. Kemudian pada komponen partikel inti atom terdiri atas sub atom yang memiliki muatan proton atau positif.

Sifat-sifat yang Ada pada Atom

Dari beberapa komponen-komponen yang ada pada sebuah atom, masing-masingnya memiliki beberapa sifat atom yang terdapat pada atom, yakni meliputi:

1. Nomor Massa Atom

Ini merupakan jumlah keseluruhan partikel dasar yang dimiliki oleh atom. Massa atom saat tidak bergerak atau diam dapat dinilai dengan satuan Dalton. Kemudian massa atom dengan unsur yang berbeda juga memiliki beberapa variasi yang berbeda pula dari yang lain.

Hal ini tergantung pada jumlah neutron maupun proton yang ada pada inti atom. Jika massa besar maka sebuah atom akan semakin kecil.

2. Nomor Atom

Jumlah dari komponen proton yang ada pada inti atom ini disebut sebagai nomor atom. Atom sendiri merupakan zat berbeda dengan jumlah proton yang masing-masing berbeda pula pada setiap intinya.

3. Gaya Atom

Sifat atom lainnya adalah gaya atom. Terdapat gaya tarik inti atau haya elektromagnetik yang dimiliki oleh atom. Ini bertujuan untuk menjaga elektron dengan muatan negatif supaya senantiasa pada orbit sekeliling inti muatan positif. Gaya ini merupakan gaya yang terbilang paling kuat yang dapat memungkinkan terjaganya neutron dan proton di dalam inti atom.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *