Pengertian Apresiasi Menurut Pendapat Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Apresiasi
Pengertian Apresiasi

Salah satu penghargaan terhadap suatu hal yang dilakukan oleh orang lain, serta memiliki manfaat bagi orang banyak yang patut untuk diapresiasi. Tidak hanya itu saja, apresiasi adalah ungkapan yang menggambarkan rasa kagum atas sebuah karya. Pengertian apresiasi menurut pendapat ahli bisa membantu Anda untuk mengenali lebih dalam saat memaknai kata apresiasi.

Pengertian Apresiasi

Apresiasi adalah bentuk dari penilaian, pengertian, dan penghargaan. Apresiasi juga adalah suatu kegiatan penilaian akan sesuatu hal yang berkaitan dengan karya seni dan sastra dalam bentuk penghargaan.

Pengertian Apresiasi menurut Pendapat Ahli

Setiap ahli dalam bidangnya memiliki pandangan dalam memaknai kata apresiasi sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan. Berikut ulasannya.

  1. Hornby

Hornby menyampaikan pendapatnya terkait apresiasi. Menurutnya apresiasi adalah sesuatu yang mengacu pada penilaian, pengenalan, pemahaman, pertimbangan, dan pernyataan yang tepat dalam memberikan penilaian.

  1. Aminuddin

Berbeda dengan Aminuddin, beliau berpendapat bahwa apresiasi adalah sesuatu yang mengandung makna tentang pengenalan melalui perasaan terhadap unsur dan kaidah keindahan yang disampaikan oleh sang pencipta.

  1. Elliyati

Elliyati berpendapat bahwa apresiasi adalah kegiatan untuk berusaha akrab mengenai karya sastra secara sungguh-sungguh untuk mengenal, menghargai, dan menghayati agar ditemukannya penjiwaan yang kuat.

  1. Effendi

Pengertian apresiasi menurut Effendi adalah kegiatan mencampuri dalam terciptanya karya sastra dengan kesungguhan yang dapat menimbulkan pemahaman, penghargaan, dan kepekaan terhadap karya sastra tersebut.

  1. Albert R. Candler

Apresiasi menurut Albert adalah suatu kegiatan dalam mengartikan karya seni secara keseluruhan sehingga dapat menikmati serta menilai sebuah karya dengan seharusnya.

  1. Prayogi

Menurut Prayogi, apresiasi adalah kegiatan penghargaan yang dilakukan sebagai hasil dari pemakaian, peresapan, dan penilaian terhadap sebuah karya. Prayogi juga mengatakan bahwa apresiasi adalah sebuah bentuk rasa kagum yang berasal dari penikmat suatu karya tersebut.

Tingkatan apresiasi

Apresiasi juga memiliki beberapa tingkatan yang terdiri dari:

  1. Empatik

Pada tingkat pertama adalah tingkat empatik yang memiliki hubungan dengan perasaan dan pikiran. Contohnya adalah saat mendengar musik, seseorang akan merasa segar dan nyaman sehingga menimbulkan penilaian yang baik terhadap musik tsersebut.

  1. Estetis

Tingkat estetis adalah tingkat yang dikatakan sebagai penilaian terhadap unsur keindahan dan membutuhkan pengamatan serta penghayatan. Contohnya adalah ketika menyaksikan seni teater yang digelar pada suatu tempat tertentu, seseorang akan membutuhkan pengamatan untuk memberikan penilaian yang baik.

  1. Apresiasi Kritik

Tingkat yang terakhir dalam apresiasi adalah apresiasi kritik yang berbentuk penjelasan, klarifikasi, deskripsi, ulasan, dan evaluasi dengan tujuan agar dapat mengambil kesimpulan. Contohnya adalah ketika diadakan ajang pencarian bakat, seseorang akan menampilkan sesuai ilmu yang didapat untuk memperoleh bentuk apresiasi yang lebih dalam.

Tujuan apresiasi

Apresiasi memiliki beberapa tujuan di bawah ini.

  1. Mengevaluasi Karya Seni

Adanya evaluasi membuat karya seni tersebut bisa menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, evaluasi juga bisa meningkatkan pengembangan dalam unsur keindahan suatu karya seni atau sastra.

  1. Mengembangkan Imajinasi

Tujuan apresiasi adalah agar karya seni yang dihasilkan tidak monoton sehingga para penikmat tidak akan bosan. Dengan adanya tujuan ini, sang pencipta akan berusaha untuk menggali daya kreasi dan imajinatif terhadap suatu karya.

  1. Menyempurnakan Karya Seni

Tujuan apresiasi juga membuat karya seni menjadi sempurna agar para penikmatnya menjadi puas akan hasil karyanya. Selain itu dengan adanya tujuan ini para pencipta akan berusaha keras dalam memuaskan selera pasaran, sehingga mendapatkan apresiasi yang setimpal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *