Pengertian Antropologi dan Jenis Antropologi

  • Whatsapp
Pengertian antropologi dan Jenis Antropologi
Pengertian antropologi dan Jenis Antropologi

Cabang ilmu yang terlahir karena tingginya minat bangsa eropa mengenai perbedaan fisik budaya maupun perilaku. Perbedaan adat istiadat juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya cabang ilmu yang satu ini. Rasa ingin tahu menjadi salah satu alasan terciptanya cabang ilmu yang membahas mengenai perkembangan manusia.

Pengertian Antropologi

Antropologi adalah cabang ilmu yang mengenalkan mengenai manusia jika dilihat dari sudut pandang dunia Pendidikan antropologi merupakan cabang dari ilmu sosial. Cabang ilmu yang satu ini berkaitan dengan seluruh budaya yang ada di dunia dan dibahas secara lebih mendalam.

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Philip Kottak

Antropologi adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai ragam manusia secara holistik. Misalnya, biologis, kebahasaan, aspek sosial budaya, serta lingkungan pada waktu yang sudah lampau. Antropologi juga berlaku pada saat ini dan untuk kedepannya. Menurut pakar yang satu ini antropologi dibagi menjadi empat yaitu, antropologi biologi, sosial, dan linguistik.

  1. Menurut David Hunter

Antropologi adalah suatu cabang ilmu yang berasal dari sebuah perasaan ingin tahu dan tanpa terbatas mengenai umat manusia.

  1. Menurut Koentjaraningrat

Antropologi adalah cabang ilmu mengenai manusia. Hal yang dipelajari misalnya berupa macam-macam warna, bentuk fisik dari masyarakatnya, dan budaya yang berlaku.

  1. Menurut William A. Haviland

Antropologi adalah studi mengenai manusia yang berusaha untuk menyusun generasi yang mempunyai manfaat dan untuk memperoleh informasi secara lengkap mengenai bermacam-macam manusia.

Jenis-Jenis Antropologi

  1. Antropologi fisik

Antropologi fisik atau yang sering disebut dengan antropologi biologi merupakan cabang ilmu yang membahas mengenai manusia atau primata bukan manusia. Antropologi ini lebih fokus kepada faktor sosial dan biologi yang berpengaruh terhadap evolusi manusia dan primata lainnya. Antropologi mempertahankan, menghasilkan serta merubah variasi dari genetik dan fisiologis pada saat ini.

Cabang ilmu antropologi biologi adalah sebagai berikut :

  • Paleoantropologi adalah cabang ilmu yang menjelaskan mengenai asal manusia serta evolusi dari manusia itu sendiri dan dibuktikan dengan fosil-fosil
  • Somatologi adalah cabang ilmu yang menjelaskan mengenai berbagai ras manusia dengan cara mengamati ciri dari fisiknya.
  • Bioarkeologi adalah ilmu mengenai kebudayaan manusia yang telah lalu dengan cara menganalisis tulang manusia yang telah ditemukan.
  • Ekologi manusia adalah cabang ilmu yang menjelaskan mengenai perilaku manusia dengan lingkungannya menggunakan perspektif evolusi atau ekologis. Studi ini sering disebut dengan adaptasi manusia atau tentang timbal balik adaptif manusia pada tekanan dari lingkungan dan variasinya.
  • Paleopatologi adalah ilmu yang membahas mengenai penyakit pada masa kuno. Fokus dari cabang ilmu ini bukan hanya mengenai kondisi patogen tetapi juga mengamati mengenai gangguan gizi, bukti-bukti pada fisik, serta variasi dari morfologi tulang
  • Antropometri adalah yang membahas serta mengukur variasi dari fisik manusia. Pada awalnya cabang ilmu ini menganalisis dan mengidentifikasi sisa fosil manusia purba. Untuk saat ini antropometri mempunyai peran penting dalam desain pakaian, industri, ergonomis, serta arsitektur. Data statistik dari dimensi tubuh digunakan untuk pengoptimalan sebuah produk.
  1. Antropologi sosial budaya

Antropologi sosial budaya adalah cabang ilmu yang menjelaskan mengenai hubungan antara orang-orang dan sekelompok. Antropologi budaya termasuk salah satu cabang ilmu yang membahas bagaimana cara manusia memahami dunia dengan menggunakan cara yang berbeda. Antropologi budaya mempunyai hubungan erat dengan filsafat, sastra dan literatur.

Selain itu antropologi juga dikaitkan dengan sejarah dan sosiologi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mengenai struktur sosial dari sebuah kelompok.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *