Pengertian AMDAL dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Pengertian AMDAL
Pengertian AMDAL

Setiap usaha atau industri yang berkaitan dengan lingkungan hidup wajib mengurus AMDAL sebelum didirikan. AMDAL merupakan singkatan dari Analisis Dampak Lingkungan. Aturan ini wajib dipatuhi karena sudah diatur dalam Undang-undang. Dengan mengurus AMDAL, pihak berwajib akan memutuskan untuk menyetujui atau tidak pembangunan usaha atau industri tersebut.

Sayangnya, saat ini masih banyak industri yang tidak mau mengurus AMDAL dengan berbagai alasan. Perusahaan industri tanpa mengantongi izin AMDAL dianggap sebagai perusahaan ilegal. Pemiliknya dapat dituntut dan dijerat dengan hukum. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami tentang pengertian AMDAL dan manfaatnya. Terlebih bagi para pemilik usaha industri.

Pengertian AMDAL

AMDAL adalah proses pengkajian dan penelitian formal yang dilakukan pihak berwajib untuk mengetahui prakiraan dampak dari industri atau usaha terhadap lingkungan di sekitarnya. Pengkajian dan penelitian ini wajib dilakukan sebelum industri didirikan. Jadi, AMDAL merupakan salah satu syarat wajib sebelum sebuah usaha industri mulai dibangun.

Analisis dampak lingkungan yang dilakukan meliputi semua elemen dan faktor. Faktor yang dimaksud yaitu pengaruh berdirinya suatu industri terhadap lingkungan dari sisi sosial budaya, ekonomi, biologi, kimia, dan fisika. Analisis harus dilakukan secara menyeluruh dan mendalam agar hasil  yang didapatkan lebih akurat dan tepat.

Peraturan tentang Analisis Dampak Lingkungan di Indonesia diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2012. Peraturan pemerintah tersebut berisikan tentang Izin Lingkungan Hidup (ILH). PP Nomor 27 Tahun 2012 merupakan pembaruan dari peraturan sebelumnya, yaitu PP Nomor 27 Tahun 1999 yang memuat tentang AMDAL.

Apakah Pentingnya AMDAL?

Mengapa AMDAL sangat penting dan diwajibkan untuk menjadi persyaratan untuk mendirikan perusahaan? Berikut ini beberapa alasan di baliknya.

  • Amdal dijadikan sebagai salah satu faktor yang menentukan keputusan tentang layak atau tidaknya rencana pembangunan usaha industri bagi lingkungan di sekitarnya.
  • Membantu memberikan ide dalam proses perancangan desain teknik dari bangunan industri.
  • Membantu memberikan kritik dan saran terhadap perancangan program manajemen dan pengawasan lingkungan hidup.
  • Mempermudah sosialisasi terhadap masyarakat mengenai akibat yang dihasilkan oleh sebuah usaha industri terhadap dampak bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.
  • Syarat pertama dan paling utama untuk menerbitkan surat izin usaha.

Manfaat AMDAL untuk Berbagai Pihak

Amdal memiliki banyak manfaat untuk berbagai pihak yang terlibat. Manfaat dari analisis dampak lingkungan dapat dirasakan oleh pemerintah, pemilik usaha industri, dan masyarakat yang lebih luas lagi.

1. Manfaat Pelaksanaan AMDAL untuk Pemerintah

Pemerintah merupakan pihak pertama yang merasakan pemanfaatan AMDAL. Inilah manfaat yang dirasakan.

  • Membantu menyukseskan usaha pemerintah dalam mengurangi kontaminasi zat berbahaya di lingkungan.
  • Mencegah perselisihan antara pemerintah dengan masyarakat umum.
  • Memperlancar pembangunan jangka panjang dan berkelanjutan serta memperhatikan pembangunan yang berlangsung sesuai dengan prinsip tersebut.
  • Memenuhi kewajiban pemerintah untuk pelestarian lingkungan hidup.

2. Manfaat Pelaksanaan AMDAL untuk Pemilik Usaha

Kedua, pemilik usaha dapat merasakan dampak positif atau manfaat dari pelaksanaan AMDAL, antara lain.

  • Menjaga agar proses usaha tetap berjalan dengan baik
  • Mempermudah pengajuan kredit di bank untuk modal usaha.
  • Berpartisipasi dalam menaati peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Manfaat Pelaksanaan AMDAL untuk Masyarakat

Sebenarnya, pihak yang paling terdampak dari pelaksanaan analisis dampak lingkungan adalah masyarakat. Berikut ini beberapa manfaat pelaksanaan amdal untuk masyarakat atau warga di sekitar lokasi usaha industri.

  • Lebih awal dalam mengetahui akibat dari kegiatan industri sehingga lebih siap dalam menghadapinya.
  • Memudahkan untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas usaha industri.
  • Terlibat secara langsung dalam penentuan keputusan apakah sebuah perusahaan akan diberikan izin lingkungan atau tidak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *