Pengertian Akuntansi Manajemen, dan Perannya dalam Korporasi

  • Whatsapp
Pengertian Akuntansi Manajemen

Korporasi yang seimbang diperlukan dalam sebuah perusahaan, baik kecil atau besar. Selain itu, manajemen keuangan perannya sangat penting dalam sebuah korporasi yang menjadi salah satu bagian tim manajemen. Dengan kemampuan akuntansi yang baik maka seorang pemimpin akan mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

Akuntansi manajemen pastinya berbeda dengan akuntansi keuangan pada umumnya. Oleh sebab itu, para pemimpin manajemen harus memiliki bekal pengetahuan peran akuntansi manajemen dalam korporasi agar manajemen keuangan pada perusahaan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen memiliki pengertian dari beberapa sudut pandang, berikut adalah uraiannya.

1. Charles T. Homgren

Akuntansi manajemen adalah sebuah proses yang berawal dari identifikasi, pengumpulan, pengukuran, akumulasi, analisis, penafsiran, hingga komunikasi untuk membuat informasi keuangan yang digunakan dalam membantu organisasi perusahaan mengambil sebuah keputusan bisnis.

2. CIMA (Chartered Institute of Management Accountants)

Akuntansi manajemen adalah proses yang dimulai dari identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, pengambilan kesimpulan, dan komunikasi informasi pada manajemen yang digunakan untuk membuat sebuah perencanaan, evaluasi, dan juga pengendalian. Selain itu, digunakan sebagai media untuk memastikan kesesuaian dengan akuntabilitas sumber daya perusahaan.

3. Halim dan Supomo

Akuntansi manajemen adalah kegiatan dan proses yang berjalan sebagai media untuk membuat informasi keuangan perusahaan yang nantinya digunakan sebagai parameter untuk mengambil keputusan ekonomi yang akan menjalankan fungsi dari manajemen perusahaan.

Tujuan Dibuatnya Akuntansi Manajemen

Saat Anda sudah mengetahui bahwa akuntansi manajemen berbeda dengan akuntansi keuangan maka dari beberapa pengertian di atas Anda sudah mengetahui beberapa fungsi dari akuntansi manajemen. Selain itu, tujuan dibuatnya akuntansi manajemen yaitu sebagai berikut.

  1. Informasi digunakan oleh para tim manajemen perusahaan untuk membuat keputusan berupa rencana untuk pihak internal.
  2. Informasi yang telah dibuat hanya berlaku secara rahasia untuk para manajemen dan tidak digunakan untuk kepentingan publik.
  3. Informasi digunakan untuk merencanakan beberapa kegiatan di masa yang akan datang.
  4. Tidak mengacu pada standar akuntansi keuangan, pembuatan informasi berdasarkan kebutuhan manajer dan terlepas dari kebutuhan akuntansi keuangan.
  5. Beberapa informasi yang terdapat pada akuntansi manajemen digunakan untuk membuat keputusan di masa yang akan datang.

Peran Akuntansi Manajemen Pada Korporasi

Korporasi akuntansi manajemen memiliki dua peran utama yaitu sebagai mitra strategis dan juga sebagai penyedia alternatif pengambilan sebuah keputusan. Beberapa peran tersebut sangat mempengaruhi satu dengan yang lain, berikut uraiannya.

1. Mitra Strategis Korporasi

Akuntansi manajemen digunakan sebagai bahan yang memiliki tanggung jawab untuk pengelola bisnis. Kegiatannya berupa peramalan, perencanaan, analisis varian, pengkajian, dan juga pemantauan kondisi pembiayaan keuangan korporasi.

Adanya akuntansi manajemen para tim manajemen akan tertarik melihat dan peduli terhadap keuangan yang sedang terjadi di perusahaan. Tim manajemen akan melaksanakan rencana yang melibatkan perhatian manajemen agar dapat merumuskan tindakan untuk melanjutkan sistem yang sudah ada atau tidak.

2. Penyedia Alternatif Keputusan

Akuntansi manajemen yang berfokus pada manajemen untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan memiliki peran untuk menginformasikan kondisi keuangan perusahaan. Dengan adanya laporan tersebut, maka tim manajemen perusahaan bisa menggunakan laporan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan masalah keuangan perusahaan.

Pada dasarnya, akuntansi manajemen harus bisa mengenali, mengumpulkan, mengukur, menguraikan, dan mengomunikasikan informasi untuk mencapai tujuan awal perusahaan. Oleh sebab itu, beberapa informasi digunakan untuk mengambil keputusan yang terbaik untuk perusahaan yang dilihat dari mulai mengenal hingga mengomunikasikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *