Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli
Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Dalam sebuah organisasi, perusahaan atau instansi membutuhkan sistem administrasi yang baik. Baik dari seorang administrator, peralatan, soft skill, dan sebagainya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pertanggungjawaban yang dikenal dengan istilah Akuntabilitas. Untuk lebih memahami  istilah tersebut, simak penjelasan mengenai pengertian Akuntabilitas menurut para ahli berikut ini.

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Beberapa ahli memberikan pendapatnya mengenai istilah Akuntabilitas. Diantaranya:

1. Affan Gafar

Akuntabilitas Adalah setiap individu yang memegang jabatan atau kekuasaan dan dipilih oleh rakyat harus dapat bertanggung jawab atas ucapan dan tindakan yang telah dijanjikan dan dilakukan. Pemegang jabatan harus bisa mempertanggungjawabkan ucapan dan perilaku kepada rakyat dengan baik dan semaksimal mungkin.

2. Mahmudi

Akuntabilitas menurut Mahmudi Adalah suatu keharusan dari pemerintah atau perusahaan dalam mengelola dan mempertahankan sumber daya, serta melaporkan semua aktivitas secara rinci dan sesuai. Laporan tersebut berisi penggunaan sumber daya kepada pemberi tugas. Dalam penyampaian tersebut harus dilakukan secara benar dan transparan sehingga dapat diketahui oleh rakyat.

3. Teguh Arifiyadi

Akuntabilitas menurut Teguh Arifiyadi Adalah kewajiban dari penguasa atau individu yang sudah dipercaya untuk mengelola dan bertanggung jawab atas sumber daya secara publik. Sehingga Akuntabilitas berhubungan dengan instrumen dalam mengontrol pekerjaan atau kegiatan untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Hasil tersebut yaitu pelayanan publik dan penyampaian anspirasi rakyat yang transparan.

4. J.B Ghartey

Akuntabilitas Adalah keharusan atau kewajiban untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. Pertanyaan tersebut meliputi apa, kepada siapa, dari siapa, milik siapa, bagaimana, dan sebagainya. Jawaban yang diberikan harus jelas dan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

5. Ledvina V. Carino

Akuntabilitas Adalah evolusi dari aktivitas yang dilakukan oleh seseorang baik saat berada di dalam atau diluar jalur otoritasnya. Sehingga seseorang harus bertanggung jawab secara penuh akan kegiatan atau pekerjaan yang ditugaskan pada dirinya kepada seseorang atau pihak yang memberi tugas tersebut.

6. Mardiasmo

Mardiasmo berpendapat bahwa Akuntabilitas Adalah kewajiban untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan misi organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Pengertian Akuntabilitas disini juga bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan. Misi yang sudah ditentukan harus dijalankan secara periodik hingga mencapai hasil yang maksimal.

7. Syahrudin Rasul

Akuntabilitas Adalah sebuah skill seseorang atau perusahaan untuk menjawab pertanyaan masyarakat secara baik dan terbuka. Tujuan memberi jawaban tersebut tidak lain untuk mencapai ketertiban dan keamanan masyarakat dari  kelompok tertentu yang membuat keresahan.

8. Sirajudin Saleh dan Aslam Iqbal

Akuntabilitas Adalah sikap dan sifat seseorang secara internel dan eksternal dalam kehidupan. Dari sisi internal Akuntabilitas adalah pertanggungjawaban individu terhadap Tuhan yang Maha Esa. Dan sisi eksternal Akuntabilitas adalah petanggungjawaban seseorang kepada lingkungannya baik secara formal maupun kepada masyarakat.

9. Turner dan Hulme

Akuntabilitas Adalah kewajiban atau keharusan dari pemerintah untuk melaksanakan pertanggungjawaban yang paling utama kepada masyarakat kemudian otoritas tertentu. Istilah masyarakat disini diistilahkan sebagai pertanggungjawaban horizontal, dan otoritas tertentu sebagai pertanggung jawaban vertikal.

10. Sedarmayanti

Akuntabilitas Adlah perwujudan sebuah kewajiban untuk dapat mempertanggungjawabkan pelaksanaan misi organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan. Pertanggungjawaban ini ditetapkan melalui media dan dilaksanakan secara berkala baik itu akan berhasil atau gagal. Semua sudah menjadi tanggungjawab yang harus dilaksanakan dengan baik.

11. Simbolon

Menurut Simbolon, Akuntabilitas Adalah kewajibab dalam menyampaikan tanggungjawab baik untuk menerangkan atau menjawab tindakan dan kinerja. Tanggungjawab tersebut dilakukan kepada seseorang, organisasi, perusahaan, lembaga kepada pihak lain yang mempunyai kewenangan untuk meminta penjelasan atau pertanggungjawaban.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *