Pengertian Administrasi Negara dan Pembelajaran di Dalamnya

  • Whatsapp
Pengertian Administrasi Negara dan Pembelajaran di Dalamnya
Pengertian Administrasi Negara dan Pembelajaran di Dalamnya

Dalam sebuah negara, tentu harus terdapat sebuah bagian yang bisa mengatur berbagai hal mengenai masalah-masalah yang muncul ke permukaan. Banyak orang yang belum terlalu memahami mengenai pengertian administrasi negara dan pembelajaran yang di dalamnya. Apa definisi, tujuan serta manfaat dari administrasi negara itu sendiri? Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Administrasi Negara

Administrasi negara adalah sebuah sistem yang dibuat dengan berbagai pertimbangan, dan dibuat dengan tujuan untuk mengatur proses dalam pengaturan organisasi masyarakat agar dapat beroperasi secara baik dan benar. Dalam ilmu pengetahuan sosial, ada tiga unsur penting yang terdapat dalam administrasi negara, unsur tersebut antara lain lembaga legislatif, yudikatif dan juga eksekutif.

Tidak hanya itu, administrasi negara juga memuat tentang berbagai jenis kebijakan publik, administrasi pada pembangunan negara, tujuan daripada negara itu sendiri, serta etika yang menindaklanjuti mengenai penyelenggaraan negara tersebut.

Tujuan Administrasi Negara

Indonesia sebagai negara demokrasi, memiliki sebuah tujuan dari adanya administrasi negara, yaitu tidak lain adalah untuk meraih tujuan utama dari negara sesuai dengan kehendak warga negaranya. Keinginan-keinginan yang ada pada masyarakat pada umumnya adalah keadilan, kesejahteraan, keamanan serta ketertiban yang menjamin kehidupan pada masyarakat yang lebih baik.

Untuk mencapai tujuan administrasi negara seperti yang disebutkan sebelumnya, harus ada beberapa tindakan yang dilakukan oleh masyarakat, di antaranya:

  1. Partisipasi sosial, adalah sebuah tindakan yang nyata atau real oleh masyarakat yang turut serta terjun di dalam urusan administrasi negara.
  2. Tanggung jawab sosial adalah soalan pertanggungjawaban yang wajib dilaksanakan oleh pelaku administrasi negara pada masyarakat.
  3. Dukungan sosial adalah sebuah dukungan yang rakyat berikan terhadap pelaksanaan administrasi negara.
  4. Kontrol sosial merupakan sebuah pengawasan yang diberikan terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan administrasi negara oleh masyarakat.

Ciri-Ciri Administrasi Negara

Sama seperti administrasi di banyak instansi pada umumnya, ada beberapa ciri-ciri daripada administrasi negara. Di antaranya administrasi negara bersifat unavoidable, memiliki kepentingan tertentu, memiliki andil atau kekuasaan dan juga dapat menjadi berbagai wadah politik. Berikut kita simak beberapa ciri-ciri dari administrasi negara.

  1. Administrasi negara adalah sebuah kegiatan yang unavoidable atau sangat mustahil untuk dihindari, karena hal ini merupakan hal yang pusatnya berada di dalam sebuah hubungan yang terjalin di antara negara dan masyarakat yang ada di dalamnya. Hubungan ini memiliki sifat yang pasti.
  2. Administrasi negara memiliki sebuah kepentingan utama. Kepentingan tersebut di antaranya merupakan sebuah pelayanan dan juga kontrol terhadap masyarakat umum. Bisa dikatakan bahwa jaminan kesejahteraan yang dimiliki oleh masyarakat, merupakan sebuah tanggung jawab dari adanya pelaksanaan administrasi negara.
  3. Administrasi negara mempunyai sebuah andil dalam hal kekuasaan dan wewenang terhadap pemaksaan kehendak pada masyarakat. Meskipun terdengar cukup negatif, namun hal ini memiliki tujuan positif, yaitu agar masyarakat tidak bertindak semena-mena dan wajib untuk mengikuti dan tunduk pada hukum yang ada di negara.
  4. Manajemen administrasi negara bersifat sangat politik. Birokrasi kini bisa dikatakan telah menjadi sebuah organisasi masyarakat, dan memiliki pimpinan seorang pejabat pilihan masyarakat sendiri. Jabatan ini bersifat non-karir dan yang bersangkutan hanya menjabat pada periode yang telah ditentukan.
  5. Administrasi negara dapat dikatakan sebagai sebuah wadah publik dalam memberikan sebuah pelayanan untuk masyarakat, dengan sebuah tujuan agar tercapainya kualitas hidup dari tatanan negara yang akan semakin meningkat. Namun, hal ini cukup sulit mengingat administrasi negara yang bersifat multitafsir dan juga sulit diukur serta cukup kompleks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *