Pengertian Administrasi Keuangan

  • Whatsapp
Pengertian Administrasi Keuangan

Mendengar kata administrasi, tentu Anda sudah tahu bahwa hal yang akan dibahas ini sangat erat kaitannya dengan ilmu administrasi dan hubungan dengan aktivitas yang mengurus keuangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa bidang ilmu administrasi keuangan ini, menjadi bidang ilmu yang cukup penting dalam sebuah tatanan organisasi. Baik secara sempit maupun secara meluas.

Pengertian Administrasi Keuangan Secara Umum

Administrasi keuangan adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur berdasarkan aturan pakem yang ada. Fungsi administrasi guna mengatur data keuangan yang ada di dalam suatu komunitas ataupun organisasi. Dalam administrasi keuangan semua tata cara kepenulisan dan pengarsipan sudah diatur dalam aturan yang paten.

Hal tersebut dimaksudkan agar setiap orang yang bekerja dalam bidang adminitrasi keuangan, bisa seragam dan tidak ada kesalahpahaman pendapat saat mengatur keuangan dalam suatu komunitas.

Variasi Pengertian Administrasi Keuangan

Secara umum memang administrasi keuangan sama persis dengan apa yang sekilas telah disebutkan dan dijelaskan di atas. Namun dalam beberapa sudut pandang, terdapat makna administrasi keuangan yang bervariasi. Dalam hal ini ada dua variasi makna mengenai administrasi keuangan berdasarkan bahasa dan istilah yang disampaikan. Variasi tersebut di antaranya adalah :

1. Arti Secara Sederhana dan simple

Secara sederhana administrasi keuangan memiliki arti sebuah kegiatan pencatatan dan pengecekan keluar masuknya uang suatu organisasi atau komunitas. Fungsi administrasi keuangan untuk mengawasi kebutuhan dan kepentingan komunitas itu sendiri. Kegiatannya pun dilakukan dengan terstruktur dalam bentuk tata pembukuan.

2. Arti secara detail atau luas

Administrasi keuangan jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas memiliki arti, yakni sebuah bentuk peraturan mengenai pengadaan keuangan dan penggunaannya dalam suatu komunitas atau organisasi.

Pengelolaannya digunakan untuk kegiatan dan kebutuhan organisasi itu sendiri. Peraturan ini direalisasikan dalam bentuk pengelolaan terstruktur dimulai dari rencana, aturan, tanggung jawab dan juga pengawasan terhadap jalannya keuangan.

Dua variasi pengertian administrasi keuangan yang telah disebutkan di atas hakikatnya memang memiliki makna yang sama, yakni mengenai pengelolaan dalam hal keuangan. Dari beberapa pengertian yang telah dijelaskan, maka secara garis besar administrasi keuangan akan sangat penting digunakan di dalam sebuah komunitas atau organisasi tertentu.

Hal tersebut mengingat bahwa uang yang dipakai bukanlah uang pribadi akan tetapi uang anggota bersama dalam organisasi tersebut. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengaplikasikan administrasi keuangan dalam kehidupan pribadi.

Anda tetap bisa menggunakannya, hanya saja administrasi keuangan akan sangat efektif digunakan untuk sistem keuangan yang uangnya dimiliki oleh banyak orang dan bukan satu orang saja. Dengan begitu keuangan dalam organisasi akan lebih terstruktur.

Manfaat Administrasi Keuangan

Sebenarnya, dari sekilas penjelasan mengenai administrasi keuangan di atas sudah cukup banyak menjelaskan mengenai fungsi atau manfaat dari administrasi keuangan itu sendiri. Tanpa adanya administrasi keuangan dalam sebuah organisasi maka setiap uang yang keluar dan masuk dalam organisasi tersebut tidak bisa diperhitungkan dengan baik.

Dengan tidak adanya perhitungan tersebut maka akan sangat susah kedepannya untuk mengajukan anggaran dana organisasi kedepannya. Sehingga dari sini Anda bisa menarik makna manfaat administrasi keuangan adalah sebagai suatu sistem yang bisa mengontrol dan merapikan sistem keuangan yang ada di dalam sebuah organisasi.

Selain itu Anda juga bisa menjadikan administrasi yang telah dibuat sebagai referensi untuk pengelolaan pembukuan keuangan di periode kedepannya. Keuangan dalam organisasi juga akan lebih terarah dan semua pengeluaran serta pemasukan uang yang ada akan bisa dilihat dengan lebih mendetail. Hal tersebut akan menjadikan perhitungan keuangan organisasi tidak asal-asalan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *