Pengertian Abstrak dan Fungsi Abstrak dalam Dunia Penelitian

  • Whatsapp
Pengertian Abstrak
Pengertian Abstrak

Pada umumnya, abstrak ditampilkan pada bagian awal laporan. Abstrak ini berupa informasi general dan singkat mengenai isi yang akan dibuat pada laporan secara keseluruhannya. Abstak juga sebagai bagian dari dunia penelitian yang sudah diwajibkan keberadaannya. Berikut ini pengertian abstrak dan fungsi abstrak dalam dunia penelitian yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Pengertian Abstrak

Abstrak adalah tulisan singkat yang berisi gambaran keseluruhan tentang aktivitas dan kegiatan penelitian yang telah dilakukan. Jika ditinjau dari istilah, maka abstrak digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak ada wujudnya sama sekali. Misalnya, seperti produk jasa yang ada dalam dunia ekonomi. Abstrak sendiri terletak di bagian awal laporan sebagai informasi awalan bagi pembacanya.

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia karya ilmiah maupun penelitian maka tentu sudah mengetahui apa itu abstrak. Abstrak sendiri pada umumnya dibuat menggunakan dua bahasa. Pertama, bahasa tempat laporan tersebut dibuat seperti bahasa Indonesia kemudian juga bahasa Inggris sebagai bahasa generalnya.

Adanya dua bahasa yang digunakan pada laporan penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Pertama, agar orang-orang yang berasal dari negara luar paham dengan bahasa tersebut. Kemudian orang-orang setempat dari lokasi laporan dibuat juga dapat mengerti bahasa yang digunakan.

Berbagai Fungsi Abstrak

Fungsi abstrak adalah menjelaskan secara general dan singkat mengenai gambaran umum pada sebuah penelitian. Berikut beberapa fungsi abstrak secara rinci yang bisa Anda ketahui:

1. Gambaran Umum Mengenai Isi Laporan Penelitian

Dalam dunia penelitian, fungsi pertama keberadaan abstrak adalah sebagai gambaran umum yang terdiri dari penjelasan mengenai isi laporan. Sesuai dengan pengertiannya, abstrak memang berisi gambaran umum tentang laporan penelitian. Dengan adanya abstrak maka laporan dapat dengan mudah dimengerti dan dipelajari.

Tanpa adanya abstrak paka sebuah laporan akan lebih sulit dipelajari. Hal ini karena setiap pembaca yang ingin mengetahuinya perlu melihat keseluruhan isi pada penelitian tersebut. Tentu hal ini tak hanya merepotkan namun juga membutuhkan waktu dan lebih lama.

2. Komponen utama dari laporan hasil penelitian

Abstrak dalam dunia penilitian juga memiliki fungsi yakni sebuah komponen utama dalam laporan karya ilmiah ataupun laporan hasil penelitian. Komponen utama ini harus ada pada setiap bagian awal sebuah laporan. Dengan adanya abstrak sebagai komponen utama maka seseorang akan lebih mudah dalam mengetahui inti dan hasil dari laporan penelitian.

3. Bahan pertimbangan bagi setiap pembaca

Terakhir, yang merupakan fungsi dari sebuah abstrak adalah sebagai bahan pertimbangan yang bisa dibaca dan dipahami oleh setiap pembaca. Dengan begitu, seseorang yang ingin mengetahui isi laporan akan dipermudah dengan kehadiran abstrak. Hak ini karena pembaca bisa mengetahuinya melalui abstrak.

Keberadaan abstrak juga berguna untuk mempertimbangkan apakah nantinya pembaca akan membaca secara keseluruhan ataupun hanya sebagian saja. Dengan begitu, hal ini juga akan mempermudah pembaca dalam mencari hasil penelitian apa yang ia butuhkan.

Jenis-jenis Abstrak

Abstrak dalam dunia penelitian dikelompokkan ke dalam beberapa jenis berikut:

1. Abstrak Informatif

Jenis abstrak yang pertama ini menyajikan informasi maupun data secara lengkap. Dengan begitu pembaca tidak perlu membaca keseluruhan isi laporan yang ada. Adapun beberapa hal yang disajikan meliputi hasil dan prinsip kerja serta kesimpulan dari hasil penelitian yang sudah dibuat.

2. Abstrak Indikatif

Jenis abstrak yang kedua ini menguraikan informasi secara padat, jelas, dan ringkas mengenai apa saja masalah yang ada pada laporan penelitan tersebut secara lengkap. Adapun tujuan dari abstrak jenis ini adalah menjelaskan infromasi aslinya dengan lebih singkat dan jelas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *