Mengenal Aplikasi dan Sejarah Perkembangannya

  • Whatsapp
Mengenal Aplikasi dan Sejarah Perkembangannya
Mengenal Aplikasi dan Sejarah Perkembangannya

Teknologi saat ini ini menjadi suatu hal yang melekat dengan rutinitas manusia, apalagi di era globalisasi ini teknologi semakin berkembang pesat. Salah satu perkembangan teknologi yang paling terasa adalah aplikasi, yang terdapat dalam berbagai device seperti komputer, smartphone, tablet, laptop, smartwatch, smart tv, dan lain-lain.

Berbagai aplikasi yang ada dalam perangkat tersebut telah banyak membantu manusia, terutama dalam pekerjaan. Sudah banyak aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan di kantor, selain itu juga banyak aplikasi yang dapat menjadi hiburan bagi Anda ketika sedang penat. Metode untuk mendapatkan aplikasi pun sangat mudah, Anda tinggal menginstalnya pada perangkat yang dimiliki.

Pengertian Aplikasi

Aplikasi adalah sebuah program software, yang bekerja pada sistem komputer dengan tujuan mempermudah kerja manusia. Kata aplikasi berasal dari bahasa inggris, yang memiliki arti ‘penggunaan’ hal itu berarti aplikasi merupakan sesuatu yang digunakan untuk mempermudah kegiatan. Berikut beberapa pengertian aplikasi berdasarkan pendapat para ahli:

  1. Yuhefizar

Aplikasi adalah program yang dibuat dan dikembangkan dengan sengaja, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dalam menjalankan pekerjaan. Dengan adanya aplikasi, manusia dapat mempercepat pekerjaannya.

  1. Smitdev Community dan A. Zaki

Aplikasi adalah komponen yang bermanfaat sebagai media, dalam mengerjakan pengolahan data, membuat dokumen, membuat file, dan pekerjaan lainnya. Aplikasi seperti in biasanya digunakan di lingkungan perkantoran, yang setiap harinya mengolah ratusan data.

  1. Harip Santoso

Aplikasi adalah kelompok file (report, class, form), untuk mengeksekusi sebuah kegiatan yang saling berkaitan. Contohnya aplikasi payroll dan fixed asset, dimana keduanya saling berkaitan karena sama-sama merupakan aplikasi untuk transaksi.

  1. Sri Widianti

Aplikasi adalah perangkat lunak (software), yang berfungsi sebagai front end pada sebuah sistem komputer. Biasanya digunakan untuk mengolah data, sehingga menjadi sebuah sistem informasi yang bermanfaat dan saling berkaitan.

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Sebelum munculnya berbagai aplikasi canggih saat ini, semua software dalam komputer selalu menggunakan sistem aljabar boolean. Dimana sistemnya menggunakan kode biner digit, atau yang lebih populer dengan nama bit. Awalnya hanya ada angka 1 (on atau benar) dan 0 (off atau salah), karena kode tersebut terlalu rumit maka digantikan dengan kode yang lebih mudah.

Kode yang lebih mudah tersebut terdiri dari 4 bit (nible), 8 bit (byte), 16 bit (word), serta 32 (double word). Karena kodenya sudah lebih mudah, maka orang-orang mulai menyusun berbagai struktur instruksi pada komputer seperti penyimpanan, transfer, dan operasi logika. Hingga terbentuklah kode baru, dikenal dengan istilah assembler yang berarti rakitan, dibagi menjadi dua yaitu rendah dan tinggi.

Kode assembler menjadi cikal bakal terciptanya berbagai aplikasi canggih, seperti sekarang ini yang perkembangannya sudah sangat pesat. Awalnya aplikasi hanya digunakan untuk komputer personal, tapi kini sudah banyak aplikasi yang diciptakan jaringan internet, yang membuat pemakaian aplikasi semakin luas.

Fungsi Aplikasi

Banyak sekali fungsi aplikasi yang bisa Anda dapatkan, karena memang jenis aplikasinya yang semakin banyak pula. Ada yang bisa digunakan untuk kepentingan resmi dan formal, ada juga yang digunakan hanya untuk hiburan semata. Berikut ini beberapa fungsinya:

  1. Pendidikan, ada banyak sekali aplikasi gratis di smartphone yang dapat membantu Anda belajar. Mulai dari pelajaran formal hingga informal.
  2. Hiburan, atau lebih tepatnya game virtual menjadi fungsi favorit yang saat ini banyak digunakan orang-orang.
  3. Bersosial, menjadi fungsi yang paling banyak digunakan saat ini, karena Anda dapat berinteraksi dan mendapat informasi terkini dari sosial media saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *