Materi Pengertian Berita, Unsur Berita, dan Syarat Berita

  • Whatsapp
Materi Pengertian Berita, Unsur Berita, dan Syarat Berita
Materi Pengertian Berita, Unsur Berita, dan Syarat Berita

Setiap hari, manusia tidak akan lepas dengan adanya berita. Saat ini sudah banyak sekali media untuk penyampaian berita seperti koran, majalah, televisi bahkan media internet. Jadi apa pengertian berita, unsur berita dan syarat berita secara menyeluruh?

Mengapa berita menjadi sangat penting dan harus disebarkan kepada masyarakat luas. Tentunya dengan adanya berita, maka kita tidak akan ketinggalan informasi penting yang sedang terjadi. Tidak hanya sampai disitu saja, berita dapat menambah seseorang memiliki wawasan yang luas.

Pengertian Berita

Berita adalah sebuah informasi mengenai suatu peristiwa yang sedang terjadi. Kita pasti sering menonton berita yang ditayangkan di televisi atau membaca berita di koran. Dalam pembuatan berita juga terdapat kaidah yang wajib diperhatikan. Unsur-unsur berita meliputi beberapa pertanyaan penting yang wajib diterapkan, meliputi 5W + 1H (what, why, where, when, who dan how).

Berikut ini beberapa pengertian berita yang dapat mewakili semua pendapat yang berhubungan dengan berita.

  1. KBBI

Menurut KBBI, berita berfungsi sebagai sebuah keterangan yang mencangkup segala informasi mengenai berbagai macam peristiwa paling up date.

  1. Anonimous

Berita adalah suatu laporan mengenai sebuah fakta (peristiwa) yang dilengkapi dengan opini penting, aktual dan menarik.

Unsur-Unsur Berita

Dalam pembuatan berita terdapat unsur-unsur penting yang harus diperhatikan, mencangkup pertanyaan 5W dan 1H.

  1. What (Apa)

Unsur What untuk menjelaskan tentang suatu peristiwa yang terjadi, kemudian kejadian tersebut diberitakan secara luas agar diketahui publik. Peristiwa yang disampaikan melalui berita harus sesuai dengan bukti atau kebenaran dan tidak boleh ditambahkan dengan pendapat tertentu.

  1. Who (Siapa)

Unsur who, menjelaskan mengenai siapa saja yang bersangkutan dalam kejadian yang diberitakan. Orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut harus diinformasikan dengan jelas, agar berita mudah dipahami.

  1. When (Kapan)

Unsur when menyampaikan kapan terjadinya suatu peristiwa yang ditayangkan. Waktu kejadian juga harus dijelaskan dengan detail agar mudah dimengerti, sehingga tidak mengakibatkan kesalahpahaman publik.

  1. Where (Dimana)

Unsur where menjelaskan mengenai tempat kejadian peristiwa di dalam berita yang disampaikan. Hal ini harus dituliskan secara jelas, agar dapat diketahui oleh pemirsa dan informasi yang diberikan dipastikan tidak salah.

  1. Why (Mengapa)

Unsur why menjelaskan mengenai argumentasi kenapa peristiwa tersebut terjadi. Agar beritanya lebih lengkap maka latar belakang kejadian juga harus dijelaskan, sehingga masyarakat bisa mengetahui peristiwa kejadian secara lengkap.

  1. How (Bagaimana)

Unsur how dalam sebuah berita menjelaskan kronologis kejadian. Jadi runtutan peristiwa di dalam berita harus dijelaskan secara detail, sehingga berita yang ditayangkan bisa tersaji dengan lebih lengkap dan utuh.

Syarat Berita yang akan Ditayangkan

Berdasarkan dari pengertian berita, unsur berita dan syarat berita yang disampaikan. Berikut ini beberapa syarat berita yang harus diterapkan:

  • Fakta

Berita yang ditayangkan harus sesuai dengan peristiwa yang nyata.

  • Terbaru

Jarak penyiaran dan kejadian peristiwa memiliki jeda waktu tidak terlalu jauh.

  • Seimbang

Berita yang akan disajikan harus ditulis dan disampaikan secara seimbang serta tidak memihak pada salah satu pihak tertentu.

  • Lengkap

Berita yang disajikan harus memenuhi unsur-unsur berita secara lengkap.

  • Menarik

Berita yang disajikan harus mampu menarik perhatian pendengar atau pembaca. Sebuah berita bisa dikatakan menarik apabila mengandung makna yang berguna bagi pendengar atau pembacanya, baik berita yang berhubungan dengan peristiwa penting, tokoh terkenal, humor, konflik atau yang lainnya.

  • Sistematis

Berita yang disajikan harus bersifat sistematis dan memiliki urutan jelas, sehingga pendengar atau pembaca tidak bingung dalam menangkap dari isi berita yang disampaikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *