Input dan Output Device dalam Komputer

  • Whatsapp
Input dan Output Device dalam Komputer
Input dan Output Device dalam Komputer

Dalam komputer, ada istilah perangkat input dan output. Dimana keduanya merupakan bagian penting dalam sistem, jika tidak ada keduanya maka komputer tidak dapat dioperasikan. Selain itu, keberadaan input dan output device juga memberikan kinerja yang baik untuk komputer. Ada banyak software dan hardware, yang memiliki fungsi meningkatkan kinerja sistem komputer tanpa Anda sadari.

Semakin banyak perangkat input dan output yang dipasang, maka semakin banyak juga manfaat yang didapat. Keduanya memiliki fungsi penting, yang dapat menunjang pekerjaan manusia. Seperti mencetak data, mengeraskan volume audio, membesarkan ukuran visual yang ditampilkan, dan lain sebagainya.

Pengertian Input dan Output Device

Input dan output device adalah sistem mikroprosesor, yang berfungsi menghubungkan perangkat luar ke dalam komputer. Lebih jelasnya, input atau masukan adalah sebuah unit yang tugasnya memberikan perintah sehingga menghasilkan informasi dalam bentuk digital. Seperti keyboard komputer, tugasnya memasukan huruf dan angka yang nantinya menjadi sebuah data.

Sedangkan output adalah perangkat yang bertugas menampilkan informasi, baik dalam bentuk visual maupun audio. Seperti printer, yang berfungsi mencetak data menjadi bentuk kertas yang dapat digunakan dengan mudah. Hasil cetakannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan, apakah ukurannya akan kecil atau besar, semuanya tergantung perintah yang Anda masukan.

Perbedaan dan Fungsinya

Input dan output adalah sama-sama perangkat keras, yang membedakan hanyalah fungsinya. Dimana input berfungsi sebagai pengatur masukan, yaitu Anda bisa mengatur semua yang masuk ke dalam sistem komputer melalui beberapa hardware seperti keyboard, mouse, joystick, dan lain-lain. Alat-alat tersebut akan memudahkan Anda, dalam memberi masukan ke dalam komputer.

Sedangkan output device berfungsi untuk menampilkan, yaitu menampilkan apa yang telah dimasukan ke dalam komputer. Jadi Anda dapat menampilkan suara, gambar, data, video, dan lain-lain. Beberapa perangkatnya adalah monitor, proyektor, printer, dan lain-lain.

Contoh Perangkat Input dan Output

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa perangkat input dan output pada komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan perangkat yang banyak, menjadikan fungsinya semakin bermacam-macam. Berikut ini beberapa contoh input dan output device:

(input device)

  1. Mouse

Mouse adalah perangkat yang berfungsi untuk menunjukan (pointer), pada layar komputer. Anda dapat menggeser mouse sesuai keinginan, mengklik tombol kiri dan kanan, serta melihat penunjuk atau kursornya pada layar.

  1. Scanner

Scanner adalah alat untuk menyalin teks atau gambar dari sebuah kertas, yang nantinya akan muncul di layar komputer Anda. Gambar yang sudah discan, nantinya bisa Anda simpan di dalam komputer sebagai soft file.

  1. Keyboard

Keyboard adalah perangkat inti komputer, dimana ada banyak tombol huruf, angka, dan simbol untuk Anda memasukan data. Sebagai perangkat inti yang sudah ada sejak lama, keyboard telah mengalami banyak perkembangan, contohnya seperti keyboard wireless.

(output device)

  1. Projector

Projector adalah alat untuk memproyeksikan gambar, video, atau teks ke dalam layar yang lebih besar. Cara kerjanya yaitu dengan mengintegrasikan cahaya, optic elektronik, serta display untuk menghasilkan gambar yang jernih.

  1. Printer

Printer adalah alat untuk mencetak soft file menjadi hardfile, yaitu dalam bentuk kertas. Anda bisa mencetak gambar ataupun tulisan yang berisi data-data, selain itu Anda juga bisa mengatur warna file yang akan dicetak.

  1. Speaker

Speaker adalah perangkat pengeras suara, dimana Anda bisa menyambungkannya dengan komputer, dan membuat suara yang lebih keras dan jelas untuk didengar. Speaker juga berfungsi menunjang kinerja maksimal komputer.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *