Akses WWW: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

  • Whatsapp
Akses WWW: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya
Akses WWW: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

Bagi Anda yang sering mengakses internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan simbol www. Biasanya saat Anda mengetik sebuah alamat website, www menjadi simbol awal yang harus Anda masukan. Seperti fecebook, twitter, blog, gmail, yahoo, dan lain-lain.

Setiap alamat situs pasti menggunakan simbol www, bahkan terkadang simbol tersebut dianggap sama dengan internet dalam hal kedudukan. Namun sebenarnya, simbol tersebut hanya merupakan bagian dari internet saja. Selain itu, jika sering menggunakan www saat menggunakan internet, ada keuntungan hyperlink yang bisa Anda dapatkan.

Pengertian WWW

WWW adalah singkatan dari world wide web, yang berperan sebagai seluruh bagian internet yang diakses melalui berbagai macam browser seperti google chrome, firefox, opera, explorer, dan lain-lain. WWW terdiri dari banyak sekali situs web, setiap situsnya memiliki halaman yang banyak. Halaman website tersebut, dapat diakses dengan mudah karena sudah tersebar di seluruh dunia.

Salah satu keuntungan saat mengetik alamat website dengan www, yaitu adanya hyperlink. Contohnya Anda mengetik www.google.com, maka font akan berubah menjadi biru dan bergaris bawah. Itu artinya, alamat tersebut dapat diklik dan langsung menuju websitenya. Untuk memperbanyak pengunjung, biasanya pemilik website selalu mencantumkan hyperlink dibeberapa situs.

Sejarah Penemuan WWW

Sebelum menjadi simbol yang sudah banyak digunakan, serta bermanfaat bagi kegiatan manusia. WWW ternyata memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang, berikut ini beberapa poin pembabakan sejarah perkembangan WWW:

  1. 1989: Anggota CERN yaitu Tim Banners Lee, mengusulkan sebuah protokol internet yang berfungsi sebagai sistem informasi. Tidak hanya itu, sistem informasi tersebut juga diusulkan agar dapat berupa grafik, video, dan gambar, yang dapat diakses seluruh di dunia.
  2. 1990: Tim Banners Lee mulai merancang tiga teknologi dasar web, dimana teknologi dasar tersebut masih dapat digunakan hingga sekarang, yaitu HTTP, HTML, dan URL. Jika Anda menelusuri alamat website lebih lanjut, pasti Anda akan menemukan tiga dasar tersebut.
  3. 1991: Tim Banners Lee menemukan protokol WWW, yang kemudian dikembangkan oleh equire. Awalnya hanya digunakan untuk menyusun arsip pribadi, dan akhirnya berhasil dikembangkan hingga dapat terkait antar arsip dan mempermudah  menelusuri informasi.
  4. 1993: Marc Adersen bersama tim dari NCSA, berhasil mengembangkan web browser berbasis grafik. Web browser tersebut digunakan untuk sistem X-windows, dan diberi nama Mosaic. Hingga akhirnya menjadi populer, dan digunakan oleh banyak orang.
  5. 1994: Andersen berpisah dari NCSA, dan bekerjasama dengan Jim Clark membuat Nets Disini didirikan W3C, atau world wide web oleh CERN dan MIT, dengan tujuan membangun standar baru sebuah teknologi web.
  6. 1995: WWW berhasil mengaktifkan FTP, dan menjadi jaringan internet paling tinggi.
  7. 2009: Tim Banners Lee membangun World Wide Web Foundation, untuk membagikan open web secara umum.

Fungsi WWW

WWW berfungsi sebagai penyedia informasi, yang dibutuhkan oleh pencarinya. Fungsi www lainnya adalah sebagai penghubung antara user (pengguna internet), dengan server. Atau bisa juga sebagai penyedia atau wadah, jika user ingin memasukan data atau informasi yang bermanfaat.

Secara umum, www memiliki empat jenis layanan yaitu web mail server (bertukar pesan elektronik secara gratis), search engine (alat pencarian), web hosting (layanan khusus pemilik website berbayar), dan portal (berbagai macam layanan yang mencakup semuanya). Ada juga yang menambahkan sosial media sebagai layanan www, karena popularitasnya yang semakin tinggi saat ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *